Ketersediaan Vaksin Covid Bisa Bikin Harga Emas Jadi Berkarat

Senin, 18 Januari 2021 - 11:39 WIB
loading...
Ketersediaan Vaksin Covid Bisa Bikin Harga Emas Jadi Berkarat
foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Prospek ketersediaan vaksin Covid-19 yang segera mungkin dan efektif dapat membatasi ruang untuk kenaikan harga emas dalam jangka menengah. Vaksin memunculkan kekhawatiran berkurangnya stimulus moneter.

Menurut Senior Investment Strategist, OCBC Bank Vasu Menon kekhawatiran bahwa perkembangan vaksin dapat memperlambat atau mengurangi kebutuhan akan stimulus moneter lebih lanjut, menyebabkan kenaikan imbal hasil AS yang lebih tinggi dan harga emas yang lebih rendah. ( Baca juga:Efikasi Tak Pengaruhi Keamanan Vaksin COVID-19 )

"Namun, masih terlalu dini untuk menyerah pada emas. Kami yakin pendorong utama emas, pelemahan USD dan suku bunga riil yang rendah kemungkinan akan memberikan dukungan selama beberapa tahun mendatang," kata Menon di Jakarta, Senin (18/1/2021).

Dia pun memperkirakan depresiasi USD dapat berlanjut hingga 2021. Kebijakan The Fed yang lebih rendah untuk jangka panjang akan mempertahankan USD, sebagai mata uang pendanaan pilihan.

"Dengan kata lain, suku bunga AS yang rendah membuatnya menarik bagi investor asing untuk melakukan lindung nilai terhadap aset dalam mata uang USD untuk menjaga dari penurunan greenback," beber dia. ( Baca juga:Duel Impian Khabib vs GSP Buyar, Bos UFC: Semua Sudah Berakhir! )

Dirinya juga positif pada emas karena kebijakan Fed yang lebih rendah untuk jangka panjang akan membantu membatasi kenaikan imbal hasil AS jangka panjang. Emas harus mendapat keuntungan dari prospek reflasi yang lebih baik yang mendorong ekspektasi inflasi dan menjaga suku bunga riil negatif.

"Kami mendukung pendekatan pembelian saat turun dan memperkirakan harga emas akan cenderung lebih tinggi ke USD2.100 dalam waktu 6 hingga 12 bulan," imbuh dia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3201 seconds (0.1#10.140)