Korpri Imbau ASN Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen

Selasa, 19 Januari 2021 - 12:17 WIB
loading...
Korpri Imbau ASN Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen
Ketua Umum Korpri Zudan Arif Fakrulloh mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan penyintas Covid-19 dan memenuhi syarat agar bersedia menjadi donor konvalesen. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Korpri Zudan Arif Fakrulloh mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan penyintas Covid-19 dan memenuhi syarat agar bersedia menjadi donor konvalesen. Donor ini merupakan plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh kemudian diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan untuk membentuk antibodi.

"Ini adalah tindakan mulia yang dapat menyelamatkan sesama," katanya melalui keterangan persnya, Selasa (19/1/2021). Baca juga: Dorong Penyitas COVID-19 Donorkan Plasma Konvalesen, Wapres: Efektivitasnya Capai 60-90%

Dia mengatakan, hal ini menjadi momentum bagi ASN memberikan kontribusi yang maksimal dalam penanganan Covid-19. Apalagi masa pandemi masih belum jelas kapan akan berakhir. "Berikan prioritas tinggi kepada program kesehatan, termasuk program pemulihan Covid melalui donor konvalesen ini," ujar Zudan.

Saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) baru bisa menyediakan 1.000 donor plasma konvalesen setiap bulannya. Padahal dibutuhkan 5.000 pendonor plasma konvalesen setiap bulan seluruh Indonesia. Dia pun meminta para ASN yang sudah sehat atau sembuh total dari Covid-19 segera menghubungi kantor PMI terdekat untuk mendonorkan plasma darahnya. "Setiap ASN penyitas yang mendonorkan plasma konvalesen mempunyai sumbangsih besar terhadap kehidupan," pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)