Sekda Kalteng Lakukan Pelepasan Relawan Tim Kesehatan ke Banjar, Kalsel

Rabu, 20 Januari 2021 - 19:26 WIB
loading...
Sekda Kalteng Lakukan Pelepasan Relawan Tim Kesehatan ke Banjar, Kalsel
Sekda Kalteng mewakili Gubernur Kalteng melepas relawan tim kesehatan ke Kabupaten Banjar, Kalsel di halaman kantor Gubernur Kalteng, Selasa (19/1/2021).
A A A
PALANGKARAYA - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melepas relawan tim kesehatan ke Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), di halaman kantor Gubernur Kalteng, Selasa (19/1/2021).

Pengiriman tim relawan merupakan tindaklanjut arahan Gubernur Kalteng tentang bantuan tim kesehatan ke Kabupaten Banjar untuk pada masyarakat terdampak banjir.

Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul dalam laporannya menyampaikan, Kalteng berperan serta dalam bantuan kegiatan penanggulangan dampak banjir dengan menurunkan tim kesehatan dan memberikan bantuan obat-obatan.

Tim kesehatan yang diberangkatkan berjumlah 12 personel, terdiri dari 2 orang Dokter Umum dan 10 orang Perawat. Tim relawan yang diberangkatkan akan melaksanakan kegiatan selama 4 hari sejak tanggal 19-22 Januari 2021.

Untuk diketahui, sebanyak 2 orang Dokter Umum tersebut merupakan relawan dari RS Primaya Betang Pambelum Palangka Raya. Sedangkan, sebanyak 10 orang perawat merupakan relawan dari Alumni Politeknik Kesehatan Kemenkes Palangka Raya.

“Pemprov Kalteng sudah menyiapkan fasilitas kegawatdaruratan berupa tenda, kendaraan operasional dan pelayanan pengobatan pada masyarakat terdampak banjir,” tutur Suyuti Syamsul seperti dilansir mmc.kalteng.go.id.

Suyuti Syamsul mengatakan bantuan obat-obatan berupa obat-obatan untuk pengobatan dasar yang akan dibagikan ke posko-posko terkait yang kemudian didistribusikan untuk kebutuhan penanganan permasalahan kesehatan di masyarakat.

Penyerahan obat dan alat medis secara simbolis dilakukan oleh Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri kepada perwakilan relawan kesehatan. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri dalam sambutannya menyampaikan pesan dari Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran kepada relawan tim kesehatan yakni mengucapkan terimakasih atas tugas mulianya.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bapak/Ibu, Saudara/i Relawan yang telah berkenan menyisihkan waktu dan tenaga nya untuk misi kemanusiaan dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat yang tertimpa musibah banjir dan tanah longsor di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan”, ungkap Fahrizal Fitri.

Selain itu, diharapkan relawan tim kesehatan dapat berkoordinasi dengan baik dengan tim kesehatan di Wilayah yang ditugaskan.

“Sebagai utusan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah diminta kepada Bapak/Ibu Saudara/i untuk menjaga nama baik Provinsi Kalimantan Tengah dengan melakukan pelayanan sebaik mungkin dan agar dapat berkoordinasi dengan baik dalam penugasan dengan Tim Kesehatan lainnya di lokasi bencana,” imbuh Fahrizal Fitri.

Fahrizal Fitri juga mengingatkan kepada seluruh relawan kesehatan, agar selalu disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Terakhir, Fahrizal Fitri menyampaikan kepada para relawan tim kesehatan, dengan penugasan selama 4 hari diharapkan dengan waktu yang singkat tersebut banyak hal yang bisa diberikan untuk masyarakat Kabupaten Banjar.

Turut hadir pada acara pelepasan di antaranya Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalteng Hamka, Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya Yayu Indriaty, Kepala Biro Umum Setda Kalteng Lisda Arriyana dan Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Prov. Kalteng H. Darliansjah.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)