Rupiah Terancam Melemah di Tengah Upaya Penyelamatan Joe Biden

Senin, 25 Januari 2021 - 08:57 WIB
loading...
Rupiah Terancam Melemah di Tengah Upaya Penyelamatan Joe Biden
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan hari ini terancam melemah di tengah upaya penyelamatan yang dilakukan Joe Biden yang menyiapkan stimulus USD1,9 triliun. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan hari ini terancam melemah di tengah upaya penyelamatan yang dilakukan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru terhadap perekonomian Negeri Paman Sam -julukan AS-. Pemerintahan Biden bersama parlemen tengah menyiapkan stimulus sebesar USD1,9 triliun.



Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, terlihat aset berisiko seperti indeks saham Asia mengalami kenaikan. "Pasar kemungkinan masih merespon positif rencana pemerintahan Joe Biden untuk merilis stimulus sebesar USD 1,9 triliun," kata Ariston di Jakarta, Senin (25/1/2021)

Sentimen ini mungkin bisa membantu penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS hari ini. Tapi di sisi lain, pasar juga mengkhawatirkan kasus covid-19 yang terus menaik di dunia dan juga di Indonesia yang memicu pembatasan aktivitas baru.

"Ini bisa memberikan tekanan untuk rupiah," katanya.



Selain itu, bila pasar kembali merespon kenaikan tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS, rupiah juga berpotensi melemah kembali. "Potensi kisaran hari ini di Rp14.000-Rp14.100," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)