Bocah 10 Tahun Tewas, Italia Minta TikTok Blokir Akun Anak di Bawah Umur

Senin, 25 Januari 2021 - 16:01 WIB
loading...
Bocah 10 Tahun Tewas, Italia Minta TikTok Blokir Akun Anak di Bawah Umur
Aplikasi TikTok. FOTO/ Ist
A A A
MILAN - Seorang anak berusia 10 tahun di Palermo, Italia, dilaporkan tewas setelah mengikuti blackout challange yang dilihatnya dari aplikasi TikTok. Anak tersebut tewas setelah mengalami sesak napas karena tantangan tersebut.



Pasca kejadian itu, otoritas privasi data Italia melayangkan perintah kepada TikTok untuk memblokir sementara akun-akun di bawah batasan usia atau akun yang usianya tak terverifikasi.

Melansir dari The Verge, Senin (25/1/2021), otoritas meminta agar pemblokiran tersebut dilakulan TikTok setidaknya hingga 15 Februari mendatang.

Selain itu, otoritas juga memerintahkan TikTok untuk tidak memproses data pengguna baru yang tak dilengkapi dengan verifikasi usia secara konkret.

Otoritas tersebut saat ini sedang melakukan investigasi untuk menyelidiki kemungkinan adanya ajakan atau undangan agar korban mengikuti blackout challange.



TikTok pun mengaku pihaknya tidak menemukan adanya konten yang mengajak anak-anak ikut serta dalam tantangan. Namun, TikTok berjanji akan korporatif dengan investigasi yang berlangsung.

TikTok telah menentukan batas usia penggunanya minimal 13 tahun. Namun, otoritas Italia mengatakan bukanlah hal yang sulit bagi bagi siapapun untuk menyiasati aturan tersebut.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2676 seconds (0.1#10.140)