BI Yakin Pertumbuhan Ekonomi Domestik Merayap Bertahap

Senin, 25 Januari 2021 - 18:35 WIB
loading...
BI Yakin Pertumbuhan Ekonomi Domestik Merayap Bertahap
foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemulihan perekonomian global diprakirakan berlanjut, sementara pertumbuhan ekonomi domestik diprakirakan meningkat secara bertahap pada 2021. Direktur Eksekutif Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono mengatakan Bank Indonesia (BI) terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah dan otoritas terkait untuk membangun optimisme pemulihan ekonomi nasional.

"Sinergi kebijakan dilakukan melalui pembukaan sektor ekonomi produktif dan aman, akselerasi stimulus moneter dan makrorpudensial, penyaluran kredit perbankan kepada dunia usaha pada sektor prioritas, mengakselerasi digital ekonomi dan keuangan serta percepatan pendalaman pasar keuangan," kata Erwin di Jakarta, Senin (25/1/2021). ( Baca juga:Jika Pandemi Belum Kelar dalam 3 Tahun, Ancamannya Dahsyat )

Menurutnya, tinjauan kebijakan moneter ini menyampaikan hasil evaluasi atas perkembangan ekonomi dan kondisi moneter terkini selama bulan laporan, serta keputusan respons kebijakan moneter yang ditempuh Bank Indonesia.

Ke depan, Bank Indonesia terus mengarahkan seluruh instrumen kebijakan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, dengan tetap menjaga terkendalinya inflasi dan memelihara stabilitas nilai tukar rupiah, serta mendukung stabilitas sistem keuangan. Koordinasi kebijakan yang erat dengan pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) terus diperkuat untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional. ( Baca juga:Bareskrim Tak Hadir, Sidang Praperadilan Laskar FPI Kembali Ditunda )

"Fokus koordinasi kebijakan diarahkan pada mengatasi permasalahan sisi permintaan dan penawaran dalam penyaluran kredit/pembiayaan dari perbankan kepada dunia usaha pada sektor-sektor prioritas yang mendukung pertumbuhan ekonomi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)