Jokowi Minta Pemda Lebih Agresif Gaet Investor

Rabu, 27 Januari 2021 - 07:47 WIB
loading...
Jokowi Minta Pemda Lebih Agresif Gaet Investor
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) dan pejabat terkait meninjau gerbang Tol Kramasan, seusai meresmikan ruas Tol Kayu Agung-Palembang sepenjang 42,5 kilometer di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, kemarin. Foto BPMI
A A A
JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah (pemda) lebih agresif menawarkan potensi daerahnya kepada para investor, dengan pembangunan infrastruktur sebagai daya tariknya.

Pada saat kunjungan kerjanya di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol ruas Kayu Agung-Palembang yang merupakan bagian dari jalan Tol Trans Sumatera. Ruas jalan tol Kayu Agung Palembang memiliki panjang sekitar 42,5 kilometer (km).

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut bahwa di sepanjang jalan tol tersebut ada lahan yang bisa dikembangkan sebagai kawasan ekonomi produktif.

“Ada potensi, tadi saya sampaikan. Ada potensi besar yang bisa dikembangkan. Pertanian, perkebunan, pariwisata, pertambangan, yang ini akan meningkatkan nilai ekonomi dari produk-produk yang dihasilkan,” kata Presiden di Gerbang Tol Keramasan Palembang, Sumatera Selatan, kemarin.



Dia menyebut ruas tol Kayu Agung-Palembang dari sisi lokasi juga cukup strategis dan memiliki peluang yang menguntungkan. Diantaranya lokasi dekat dengan Pulau Jawa, lahan masih luas, dan harga yang masih kompetitif.

“Lokasinya dekat dengan Pulau Jawa, lahan masih sangat luas, masih kompetitif harganya, juga tenaga kerja yang tersedia juga sangat besar. Sehingga aktivitas bisnis bisa dilakukan dengan biaya yang bersaing dengan provinsi yang lain, bersaing dengan negara yang lain,” ungkapnya.

Jokowi menyebut peresmian infrastruktur ini merupakan upaya pemerataan pembangunan dan pembukaan lapangan pekerjaan sebanyak-banyak di daerah. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia.

“Saya minta kepada pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten maupun kota untuk lebih agresif menawarkan potensi-potensi yang ada di daerahnya. Dan menjadikan infrastruktur ini sebagai sebuah keunggulan, meningkatkan daya tarik dan daya tawar kepada para investor agar mengembangkan investasi di Provinsi Sumsel,” tegasnya.

Sebagai informasi, jalan tol Kayu Agung – Palembang – Betungatau (Jalan Tol Kapalbetung) adalah megaproyek infrastruktur jalan tol sepanjang 111,6 kilometer dari Kayu Agung hingga Betung. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra dan pembangunannya diperkirakan menelan biaya sekitar Rp7-8 triliun. Pembangunannya dilaksanakan PT Sriwijaya Markmore Persada, kerja sama antara Markmore Labuan Limited dari Malaysiadengan PD Prodexim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)