Kang Emil Minta para PNS-nya untuk Bersikap 'Boros' demi Bela Negara

Selasa, 26 Januari 2021 - 20:40 WIB
loading...
Kang Emil Minta para PNS-nya untuk Bersikap Boros demi Bela Negara
foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkap, pemerintah provinsi (pemprov) tengah menggenjot konsumsi masyarakat . Salah satunya adalah mengajak masyarakat menengah atas untuk membelanjakan uangnya.

Secara khusus, pemerintah daerah (pemda) Jabar akan mengajak pegawai negeri sipil (PNS) di wilayah tersebut untuk tidak menabung sementara waktu. Sebab, saat ini negara sedang mengalami krisis sehingga diperlukan dorongan masyarakat berupa membelanjakan uangnya di usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). ( Baca juga:Oh Ternyata Ini Jurus Kang Emil Memenangi Pertarungan Melawan Para Rivalnya )

"Nambungnya mah nanti kalau udah situasi normal, sekarang lagi krisis. Keluarkan tabungannya untuk belanja produk UMKM dengan konsep ‘Borong Dong’," ujar dia dalam Webinar, Selasa (26/1/2021).

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mencatat konsumsi masyarakat di Jawa Barat terbagi dalam dua kelompok. Pertama adalah kelas menengah bawah. Kelas ini menjadi kelompok yang tertekan sangat dalam selama pandemi Covid-19. Meski begitu, dia meyakini, daya konsumsi kelompok ini bisa diperbaiki dengan memberikan bantuan sosial (bansos).

Kelompok kedua adalah kelas menengah atas. Kelompok ini selama pandemi memilih untuk menyimpan uangnya dibanding membelanjakannya. Karena itu, Kang Emil akan mengajak kelompok ini untuk membelanjakan uangnya. Salah satu kelompok ini adalah pegawai negeri sipil (PNS) yang bermukim di Jawa Barat.

"Ini terus kita kampanyekan, salah satunya bulan depan saya launching agar rakyat Jawa Barat mau berbelanja, khususnya PNS. Karena PNS ini kita punya ratusan ribu yang tidak terpengaruh oleh pandemi pendapatannya. Saya bilang belanja adalah bela negara. Tidak usah nabung-nabung dulu," katanya. ( Baca juga:Menjelang Sidang Pertama, Nindy AyundaTetap Glamor dengan Tas Harga Puluhan Juta )

Kang Emil juga akan mengajak kelompok menengah atas untuk membeli produk-produk warga Bali. "Kita akan bantu rakyat Jawa Barat membeli produk-produk kerajinan Bali. Nanti solidaritas kita ke Provinsi Bali yang pariwisatanya masih jauh dari pulih dibandingkan Provinsi Jawa Barat," tuturnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)