Jabat Kapolri, Listyo Sigit Prabowo Diharapkan Bawa Perubahan

Selasa, 26 Januari 2021 - 20:10 WIB
loading...
Jabat Kapolri, Listyo Sigit Prabowo Diharapkan Bawa Perubahan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri pada Rabu, 27 Januari 2021, besok. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri pada Rabu, 27 Januari 2021, besok.

Berbagai harapan masyarakat mengiringi Listyo dalam menduduki posisi tertinggi di institusi Polri. Salah satunya, organisasi Sahabat Polisi Indonesia (SPI). “Kita berharap ada paradigma baru yang akan dikembangkan Polri di bawah kepemimpinan Kapolri baru Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo,” terang Ketua Umum Sahabat Polisi, Fonda Tangguh dalam webinar Sahabat Polisi Indonesia di Wisma Lumbini Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Dia menjelaskan, paradigma yang dimaksud itu berorientasi kepada pemecahan masalah berbasis pada potensi sumber daya lokal dan kedekatan dengan masyarakat yang lebih humanis. Menurut Fonda, penegakan hukum merupakan salah satu upaya Polri demi terciptanya ketertiban dan keamanan di tengah kehidupan masyarakat. ”20 tahun lebih setelah berpisah dari TNI, Kepolisian menghadapi tantangan agar penegakan hukum lebih profesional. Tentu masyarakat sejatinya adalah pihak yang akan menikmati profesionalisme kerja Polri. Pencapaian kepercayaan publik yang tinggi dapat diyakini merupakan suatu kepuasan segenap anggota Polri,” urainya.

Dia juga menyambut baik dan berharap Kapolri baru mampu membawa Institusi kepolisian sesuai dengan slogan Polri Presisi. “Bagaimana polisi humanis bisa tercipta? Tidak cara lain selain jajaran kepolisian harus terus menerus hadir, hidup, dan merasakan denyut nadi kehidupan masyarakatnya,” jelas dia.

Dengan adanya interaksi yang terus menerus itu polisi lebih bisa mengutamakan pencegahan kriminalitas (crime prevention). “Dengan adanya interaksi yang terus menerus tersebut polisi lebih bisa berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Kita berharap tugas utama aparat kepolisian tidak hanya untuk melawan kejahatan, lebih dari itu harus mampu mencari dan melenyapkan sumber kejahatan,” papar Fonda.

Sahabat Polisi Indonesia, kata dia, siap menjadi jembatan yang akan menghubungkan aspirasi masyarakat terhadap pelayanan kepolisian, di samping itu menjadi fasilitator kepolisian dalam membangun kemitraan di tengah masyarakat dalam menciptakan keamanan dan ketertiban. Tidak hanya itu, pihaknya juga akan menjadi benteng masyarakat dari berita hoaks terhadap pelayanan kepolisian dan sebaliknya akan membentengi kepolisian dari hoaks yang memprovokasi kepolisian dengan masyarakat.

No body is Perfect tidak ada manusia yang sempurna, tidak ada institusi yang sempurna dimata public. Tugas kita bersama adalah saling bekerja sama, saling bersinergi dengan semangat kritik konstruktif dari masyarakat, pencegahan kriminalitas dari kepolisian yang dilakukan secara Bersama-sama antara masyarakat dengan kepolisian,” imbuh Fonda.

Dia menambahkan, Sahabat Polisi akan terus mengingatkan agar Kepolisian makin mengedepankan community policing, yaitu proses pemolisian yang humanis dalam setiap tugas penegakan hukum. Selain itu, mendukung program mereduksi radikalisme dan intoleransi. “Terakhir, mendukung kebijakan pemerintah mengembangkan ekonomi di masa pandemi. Mari bahu membahu saling bersinergi dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Fonda.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)