Robot Sophia akan Diproduksi Massal di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu, 27 Januari 2021 - 07:30 WIB
loading...
Robot Sophia akan Diproduksi Massal di Tengah Pandemi Covid-19
Robot Sophia berada di labnya di Hong Kong. Foto/REUTERS
A A A
HONG KONG - “Robot sosial seperti saya bisa merawat orang sakit atau lanjut usia (lansia),” ungkap Sophia saat dia melakukan tur ke labnya di Hong Kong . "Saya dapat membantu berkomunikasi, memberikan terapi, dan memberikan stimulasi sosial, bahkan dalam situasi sulit."

Sejak diluncurkan pada 2016, robot humanoid Sophia menjadi viral. Sekarang perusahaan di belakangnya memiliki visi baru: memproduksi robot secara massal pada akhir tahun.

Hanson Robotics yang berbasis di Hong Kong mengatakan empat model, termasuk Sophia, akan mulai diluncurkan dari pabrik pada paruh pertama 2021.



Langkah ini seperti perkiraan para peneliti bahwa pandemi akan membuka peluang baru bagi industri robotika.



“Dunia COVID-19 akan membutuhkan lebih banyak otomatisasi untuk menjaga keamanan orang,” papar pendiri dan CEO David Hanson, sambil berdiri dikelilingi kepala-kepala robot di labnya.



Hanson percaya solusi robotik untuk pandemi tidak terbatas pada perawatan kesehatan, tetapi juga dapat membantu pelanggan di industri seperti ritel dan maskapai penerbangan.

“Robot Sophia dan Hanson unik karena sangat mirip dengan manusia,” ungkap dia. “Itu bisa sangat berguna selama masa-masa ketika orang-orang sangat kesepian dan terisolasi secara sosial.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)