Senat AS Restui Antony Blinken Jadi Menteri Luar Negeri

Rabu, 27 Januari 2021 - 01:49 WIB
loading...
Senat AS Restui Antony Blinken Jadi Menteri Luar Negeri
Senat AS sepakat untuk menetapkan Anthony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri yang baru. Foto/The Denver Channel
A A A
WASHINGTON - Senat Amerika Serikat (AS) mengkonfirmasi Antony Blinken sebagai Menteri Luar Negeri yang baru. Blinken, rekan lama Presiden AS Joe Biden , mendapat persetujuan Senat dengan suara 78-22.

Dengan dikonfirmasinya Blinken, Presiden Joe Biden sekarang memiliki sejumlah anggota kunci untuk tim keamanan nasionalnya. Selain Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan - yang tidak memerlukan konfirmasi Senat - Direktur Intelijen Nasional Avril Haines telah dikonfirmasi pada Hari Pelantikan dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin juga telah dikonfirmasi pada Jumat lalu.



Ditetapkannya Blinken sebagai Menteri Luar Negeri AS disambut baik oleh anggota parlemen di kedua sisi serta asosiasi profesional untuk Dinas Luar Negeri AS.



"Kepemimpinan Departemen Luar Negeri, badan kabinet tertua negara kami, mewakili tanggung jawab besar," kata Asosiasi Dinas Luar Negeri Amerika (AFSA) dalam sebuah pernyataan.

"Seperti yang telah kami lakukan untuk para pendahulunya, AFSA mengucapkan selamat dan selamat datang kepada Menteri Blinken. Kami mengucapkan semoga sukses kepada Menteri dan timnya di tahun-tahun mendatang. AFSA dan anggotanya berjanji untuk bekerja bersama mereka untuk memperkuat karir Dinas Luar Negeri dan melindungi serta meningkatkan institusi diplomasi Amerika," sambung pernyataan itu seperti dilansir dari CNN, Rabu (27/1/2021).

Menteri Luar Negeri AS ke-71 itu menghadapi tantangan untuk memulihkan posisi Amerika di mata dunia dan menghidupkan kembali departemen di mana banyak orang merasa kehilangan semangat di bawah pemerintahan sebelumnya.



Dia juga akan berada di garis depan dalam mengarahkan perubahan tajam dari kebijakan luar negeri "America First" ke kebijakan yang berfokus pada multilateralisme dan koalisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)