MWA UI Gelar Webinar Percepatan Pemulihan Ekonomi 2021

Rabu, 27 Januari 2021 - 11:37 WIB
loading...
MWA UI Gelar Webinar Percepatan Pemulihan Ekonomi 2021
Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) siang ini mengadakan seminar daring bertema Covid-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi 2021: Harapan, Tantangan, dan Strategi Kebijakan. Foto/Dok
A A A
DEPOK - Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) siang ini (Rabu, 27 Januari 2021, pukul 13-18 WIB) mengadakan seminar daring bertema “Covid-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi 2021 : Harapan, Tantangan, dan Strategi Kebijakan". Seminar virtual ini merupakan yang pertama dari webinar series MWA UI.

“Kami berharap setiap webinar tersebut akan menghasilkan suatu output berupa kebijakan yang akan kami sampaikan kepada pemerintah sebagai wujud kepedulian UI terhadap isu yang ada di tengah masyarakat," ujar Ketua MWA UI, Saleh Husin, S.E., M.Si.



Bakal hadir dalam acara ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, H.E. Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T MT, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. Sandiaga Uno.

Pada webinar kali ini, output utama berupa policy brief mengenai harapan, tantangan, dan strategi pemulihan ekonomi nasional yang akan dirangkum oleh tim Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI (LPEM FEB.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D menanggapi positif ajang ini, dan berpendapat ada beberapa faktor yang memengaruh pemulihan ekonomi Indonesia di tahun 2021, yakni cara pengendalian pandemi Covid-19, kebijakan nasional pemulihan ekonomi nasional, dana pemulihan ekonomi nasional, kerjasama antara pusat dan daerah, peranan sektor UMKM, ekonomi kreatif, dan sektor pedesaan/pertanian yang saat pandemi merupakan tumpuan bagi tenaga kerja yang terimbas PHK.

Webinar series MWA akan dibagi dalam dua diskusi panel dan terbuka bagi publik setelah terlebih dahulu melakukan registrasi melalui tautan: http://ui.id/mwawebinarseri1. Untuk diskusi panel sesi I dengan subtema “Covid-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional”, menghadirkan pembicara Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia, Dr. Wimboh Santoso S.E., M.Sc., Ph.D., dan Wakil Ketua Umum Kadin, Franky Oesman Widjaja, dan mantan Menteri Keuangan RI 2013-2014, Dr. Chatib Basri, dengan moderator Primus Dorimulu (Direktur Pemberitaan Berita Satu Holding).


Diskusi panel sesi II dengan subtema “Peranan Ekonomi Kreatif, UMKM, dan Dana Desa untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional” diawali keynote speech dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. Sandiaga Uno dengan tema Peran Ekonomi Kreatif dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional. Pembicara pada diskusi panel sesi dua ini diantaranya Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P.,.

Lalu ada CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, serta Muhammad Halley Yudhistira, Ph.D dan Teguh Dartanto, Ph.D, Tim Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI. Bertindak sebagai moderator pada sesi kedua adalah Arif Budisusilo (Direktur Pemberitaan Bisnis Indonesia Group).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)