Hoax...! Kabar yang Katakan BI Cetak Uang Rp300 Triliun

loading...
Hoax...! Kabar yang Katakan BI Cetak Uang Rp300 Triliun
foto/ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memastikan tidak akan melakukan pencetakan uang sebanyak Rp300 triliun. Pernyataan ini untuk membantah kabar hoax yang menyatakan bahwa BI akan melakukan pencetakan uang dalam rangka membantu darurat keuangan yang dialami negara saat ini.

"Kabarnya BI mencetak uang kartal Rp100-300 T karena kondisi keuangan negara yang kritis saat ini. Saya tegaskan ya kalau berita ini hoax karena tidak didukung oleh data, fakta, dan informasi yang benar serta tidak didukung logika yang rasional. Di WA (pesan Whatsapp) yang beredar tersebut juga tidak ada sumber informasi yang kredibel," kata Erwin di Jakarta, Rabu (27/1/2021). ( Baca juga:Luncurkan Laporan Akuntabilitas Tahun 2020, BI Beri 3 Penguatan )

Tugas BI dalam mencetak uang dilakukan di bawah amanat UU dengan berbagai pertimbangan seperti kebutuhan likuiditas perekonomian dan mengganti uang lusuh. "Jadi tidak bisa dilakukan tanpa perhitungan karena akan membahayakan perekonomian," bebernya.

Di tengah upaya bersama mendukung pemulihan ekonomi nasional saat ini, Erwin mengajak masyarakat bersama-sama menjaga kepercayaan, optimisme, saling sinergi dan tidak mudah menerima serta menyebarkan informasi-informasi yang tidak tepat, bernada menghasut, dan memancing keresahan. ( Baca juga:Kembangkan Perangkat MaaS, HONDA Gandeng Cruise dan General Motors )



"Kita bersama-sama menjaga kepercayaan, optimisme, saling sinergi dan tidak mudah menerima serta menyebarkan informasi-informasi yang tidak tepat, bernada menghasut, dan memancing keresahan," tandasnya.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top