Sandiaga Optimistis Indonesia Bisa Jadi Destinasi Wisata Pilihan di ASEAN

Kamis, 28 Januari 2021 - 22:48 WIB
loading...
Sandiaga Optimistis Indonesia Bisa Jadi Destinasi Wisata Pilihan di ASEAN
foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pihaknya optimistis dalam kurun waktu 10 tahun ke depan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia akan melonjak signifikan dari posisi saat ini. Bahkan, kata Sandi, Kemenparekraf mencanangkan daerah wisata Indonesia dapat menjadi destinasi wisata pilihan di kawasan Asia Tenggara. ( Baca juga:Sandiaga Uno Yakin Wisatawan Melonjak Usai Pandemi Lewat )

"Jadi saya optimistis, dalam 10 tahun ke depan kita dapat mencapai keunggulan destinasi domestik. Di mana kita punya banyak peluang dan kita lihat ekosistem ini mesti dibangun. Dan kita canangkan destinasi wisata kita bisa menjadi destinasi pilihan Asia Tenggara," ujar dia dalam webinar, Kamis (28/1/2021).

Dia menjelaskan dalam kondisi pandemi saat ini, wisatawan domestik mampu menjadi jawaban pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pasalnya, ada sebanyak 55 juta wisatawan domestik, sehingga memiliki potensi yang luar biasa.

"Kita tahu ada Rp150 triliun yang keluar dari Indonesia tiap tahunnya karena banyak wisatawan domestik asyik liburan di luar negeri. Maka itu kita manfaatkan, setidaknya kita mampu mendapat Rp50 triliun dari potensi wisatawan domestik ini," ungkap dia. ( Baca juga:Refly Harun: Ungkap Korupsi seperti Tabrak Tembok Tinggi Tebal, Bisa Terpental )

Akan tetapi, semua potensi tersebut tentunya harus dibarengi dengan cara pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 secara cepat. Kemudian, kata dia, jika pandemi mampu diatasi dengan cepat, lapangan pekerjaan di sektor pariwisata akan terbuka lebar.

"Pandemi ini ibarat sebuah badai yang harus dihadapi. Dan saya yakin, setelah badai selesai, akan banyak peluang yang terbuka," tandas dia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)