Fans MU dan Chelsea di Makassar Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Sulbar

Rabu, 17 Februari 2021 - 15:27 WIB
loading...
Fans MU dan Chelsea di Makassar Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Sulbar
Fans Manchester United yakni United Indonesia Chapter Makassar menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Sulbar. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Fans klub Manchester United (MU) dan Chelsea di Kota Makassar yang tergabung dalam SuperSoccer menggalang donasi dan menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Sulawesi Barat (Sulbar) , tepatnya di Majene dan Mamuju. Pengiriman bantuan berupa uang tunai dan logistik dilakukan dalam dua tahap.

Fans MU yang tergabung dalam United Indonesia Chapter Makassar menggalang donasi selama dua pekan, terhitung sehari pasca-gempa Sulbar pada pertengahan Januari lalu.

Koordinator Daerah United Indonesia Chapter Makassar, Iswan Rusadi, mengatakan, penggalangan donasi oleh komunitas fans klub MU dilakukan melalui tiga cara. Mulai dari open donasi hingga lelang jersey.



“Yang pertama kami open donasi lewat transfer rekening. Selanjutnya kami melakukan lelang jersey Manchester United milik beberapa member. Kemudian kami juga bekerja sama dengan salah satu member yang memiliki brand Redpride Merch. Dalam kerja sama ini, mereka menyumbangkan 10 baju yang dijual dan hasilnya disumbangkan ke korban gempa melalui United Indonesia Chapter Makassar,” tutur Chiwank-sapaan akrabnya, Rabu (17/2).

Chiwank menambahkan penyerahan bantuan dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama, donasi diserahkan melalui Lembaga Asian Muslim Charity Foundation dalam bentuk uang tunai sebesar Rp2.641.000. Pada tahap kedua, pengurus United Indonesia Chapter Makassar yang tergabung dalam SuperSoccer Makassar bekerja sama dengan United Indonesia Chapter Pangkep mengirimkan bantuan langsung ke Mamuju dalam bentuk bahan makanan, karpet, peralatan mandi, hingga mie instan.

Seperti halnya United Indonesia Chapter Makassar, aksi solidaritas juga dilakukan Chelsea FC Indonesia Supporters Club (CISC) Chapter Makassar. Komunitas fans bola yang juga tergabung dalam SuperSoccer itu juga tidak ketinggalan melakukan penggalangan donasi untuk korban gempa di Sulbar.



“Jadi kami membuka donasi selama dua pekan. Open donasi yang kami lakukan di antaranya membuka publikasi di media sosial, kemudian melakukan penggalangan dana lewat fun futsal dan juga saat nonton bareng,” ujar Amran Mustafa yang biasa disapa Andang, selaku Koordinator Wilayah CISC Chapter Makassar.

Andang menuturkan bantuan yang disalurkan ke korban gempa dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama disalurkan pada 21 Januari 2021, dalam bentuk uang yang ditransfer melalui CISC Chapter Majene. Selanjutnya pada tahap kedua, bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai dan logistik berupa tenda dan pakaian bayi pada akhir Januari lalu.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1904 seconds (0.1#10.140)