Inggris akan 'Tantang' China di PBB Soal Akses ke Xinjiang

Senin, 22 Februari 2021 - 18:07 WIB
loading...
Inggris akan Tantang China di PBB Soal Akses ke Xinjiang
Inggris mengatakan akan menyerukan kepada PBB agar diberikan akses mendesak dan tidak terkekang ke Xinjiang. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Inggris mengatakan akan menyerukan kepada PBB agar diberikan akses "mendesak dan tidak terkekang" ke Xinjiang. Akses ini, menurut Inggris, dibutuhkan untuk bisa menyelidiki laporan pelanggaran HAM di wilayah China itu.

Seruan itu akan menandai kembalinya Inggris ke Dewan HAM PBB. Di mana, Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab akan mengutuk catatan HAM China dan Rusia, di mana keduanya juga anggota Dewan HAM, dalam pertemuan badan PBB itu.

Soal China Raab akan merujuk pada laporan pelanggaran di Xinjiang, termasuk penyiksaan, kerja paksa dan sterilisasi paksa terhadap wanita, yang menurut London terjadi dalam skala industri.

"Komisaris Tinggi PBB untuk HAM, atau ahli pencari fakta independen lainnya, harus - dan saya ulangi harus - diberikan akses yang mendesak dan tidak terkekang ke Xinjiang," kata Raab, seperti dilansir Channel News Asia pada Senin (22/2/2021).

China telah dikecam secara luas karena mendirikan kompleks di Xinjiang yang digambarkan Beijing sebagai "pusat pelatihan kejuruan" untuk membasmi ekstremisme dan memberi orang keterampilan baru.

Aktivis dan kritikus Beijing, termasuk negara-negara Barat, menyebut mereka kamp konsentrasi. PBB mengatakan bahwa setidaknya satu juta orang Uighur dan Muslim lainnya telah ditahan di Xinjiang.

Raab juga mengatakan, dia akan turut mengangkat perlakuan "memalukan" terhadap kritikus Kremlin,Alexei Navalny, krisis di Myanmar dan situasi di Belarusia.

Dia akan menjabarkan langkah-langkah yang diambil Inggris untuk mengatasi masalah ini, seperti sanksi dan mendorong lain lain untuk mengikutinya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 4.0134 seconds (0.1#10.140)