Soal Mobil Listrik, Pengamat Sebut India Jauh Lebih Siap dari Indonesia

Jum'at, 26 Februari 2021 - 14:35 WIB
loading...
Soal Mobil Listrik, Pengamat Sebut India Jauh Lebih Siap dari Indonesia
Ilustrasi mobil listrik
A A A
JAKARTA - Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy menilai India jauh lebih siap dibandingkan Indonesia dalam hal pengembangan mobil listrik . Hal ini yang membuat pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla memilih membangun pabriknya di India.

Menurut dia, dari aspek sumber daya manusia (SDM), India memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan Indonesia yang baru memulai pengembangan industri kendaraan listrik. "Selain SDM, kesiapan atau iklim investasi relatif lebih baik dan stabil," ujarnya pada Market Review IDX Channel, Jumat (26/2/2021).

( )

Dia melanjutkan, ekspektasi terhadap investasi Tesla di Indonesia yang berkembang di masyarakat memang cukup besar. Tesla sebagai ikon mobil listrik akan menarik produsen komponen otomotif lainnya untuk berinvestasi di Indonesia.

"Saya kira ini kembali lagi bahwa tidak hanya Indonesia yang bertarung untuk merebut investasi. Tentu banyak negara berupaya menarik investasi masuk apalagi konteksnya setelah pandemi," jelasnya.

( )

Menurut dia, Indonesia masih mempunyai peluang dalam pengembangan kendaraan listrik mengingat industri otomotif di dalam negeri sudah relatif maju dan menjadi salah satu industri strategis.

"Tentu ini bisa memberikan ruang bagi pemerintah untuk menyusun kebijakan pengembangan industri otomotif di dalam negeri. Karena ketika industri otomotif yang konvensional diganti dengan listrik maka ada beberapa komponen atau industri turunan yang hilang," tuturnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)