Kembangkan Sektor Parekraf di Indonesia Timur, Sandiaga Uno Dukung Penuh Pembangunan Politeknik Pariwisata Papua

Jum'at, 26 Februari 2021 - 17:13 WIB
loading...
Kembangkan Sektor Parekraf di Indonesia Timur, Sandiaga Uno Dukung Penuh Pembangunan Politeknik Pariwisata Papua
Menparekraf Sandiaga Uno (tengah). FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Pemulihan sekaligus pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional terus dikebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.

Termasuk pengembangan parekraf di wilayah Indonesia Timur, khususnya di Papua.
Merealisasi visi dan misi tersebut, Kemenparekraf lewat Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali menggandeng Pemerintah Provinsi Papua untuk membangun Poltekpar di Papua.

Mengawali kerjasama, penandatanganan nota kesepahaman pun dilakukan antara Direktur Utama Poltekpar Bali, Ida Bagus Putu Puja dan Kepala Dinas Pariwisata dan ekonomi Kreatif Papua, Yimin Weya di Poltekpar Bali, Badung, Bali pada Jumat (26/2/2021).

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno mengungkapkan kebahagiaannya. Menurutnya, penandatanganan nota kesepahaman tersebut merupakan langkah awal dalam pemulihan sekaligus pengembangan sektor parekraf di Papua. Sebab, pembangunan Poltekpar Papua diyakininya dapat secara langsung meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang parekraf di Papua.

"Hari ini saya menyaksikan penandatanganan MOU antara Poltekpar Bali dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua untuk menjalin peningkatan SDM dan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap Sandiaga Uno pada Jumat (26/2/2021).

"Ini merupakan wujud tindak lanjut dari gerak cepat kita untuk memulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif dan rencana pendirian Politeknik Pariwisata Papua," tambahnya.

Tidak hanya itu, pembangunan katanya sejalan dengan arahan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan KH Maruf Amin. Keduanya diungkapkan Sandiaga Uno menginginkan agar potensi pariwisata di Tanah Papua dapat diangkat dan dikembangkan.

Sehingga tidak hanya mendunia, tetapi secara langsung membuka peluang usaha dan menyerap tenaga kerja, khususnya bidang parekraf di Papua. "Ini juga menindaklanjuti arahan dari Bapak Presiden dan Wakil Presiden untuk mengangkat Potensi yang luar biasa dan produk-produk ekonomi kreatif di Papua," ungkap Sandiaga Uno.

"Hari ini langsung ditindaklanjuti oleh Pak Puja untuk kerjasamanya, mudah-mudahan ini bisa terwujud, membuka lapangan kerja seluas-luasnya di Provinsi Papua, mengangkat potensi pariwisata dan memulihkan ekonomi kreatif," tambahnya.

Serupa dengan Sandiaga Uno,Kepala Dinas Pariwisata dan ekonomi Kreatif Papua, Yimin Weya mengucapkan terima kasih atas terjalinnya kerjasama. Karena dipaparkannya, wilayah Papua yang terbentang lebih dari 6.000 kilometer persegi dan terbagi menjadi 29 Kabupaten/ Kota menyimpan potensi pariwisata yang sangat besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)