Simak Baik-baik! Program Kartu Prakerja untuk Semua, Bukan Hanya untuk Pengangguran

loading...
Simak Baik-baik! Program Kartu Prakerja untuk Semua, Bukan Hanya untuk Pengangguran
Menurut Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana (PMO) Prakerja, Denni Puspa Purbasari, program kartu Prakerja bukan hanya bagi masyarakat yang menganggur saja, namun untuk semua orang. Foto/Dok
JAKARTA - Pemerintah bakal kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 pada pekan depan. Di mana pendaftaran untuk Kartu Prakerja gelombang 12 sendiri telah ditutup siang ini.

Baca Juga: Catat! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka Pekan Depan Menurut Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana (PMO) Prakerja, Denni Puspa Purbasari, program kartu Prakerja bukan hanya bagi masyarakat yang menganggur saja, namun untuk semua orang.

"Jadi kartu Prakerja untuk semua orang bukan hanya untuk yang menganggur," ujar dia dalam diskusi secara virtual, Jumat (26/2/2021).

Dia juga menjelaskan, dalam sasarannya pada angkatan kerja dibagi menjadi dua yakni mereka yang bekerja dan menganggur. "Menurut data 2019, yang bekerja berjumlah 12,35 juta orang dengan pengangguran 7 juta," ungkap dia.

Sebelumnya, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mencatat Indonesia memiliki 135 juta angkatan kerja. Adapun 90% di antaranya belum pernah mengikuti pelatihan bersertifikat.



"Angkatan kerja sebesar 135 juta, 90% belum pernah mengikuti pelatihan yang bersertifikat. Di mana 90% ini ekuivalen dengan 120 juta orang angkatan kerja kita," ujar Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari.

Baca Juga: Intip Skema Kartu Prakerja: Dapat Rp1 Juta Buat Pelatihan dan Insentif Rp2,4 Juta

Pendaftaran Program Kartu Prakerja terbuka bagi semua WNI berusia 18 tahun ke atas, baik pencari kerja, lulusan baru, korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), karyawan maupun pelaku wirausaha, asalkan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Untuk mendorong pemerataan penerima bantuan, maka penerima bansos Kementerian Sosial (Data Terpadu Kesejahteran Sosial, Bantuan Subsidi Upah, maupun Banpres Produktif Usaha Mikro), penerima Kartu Prakerja tahun 2020, dan anggota TNI/Polri, ASN, Komisaris/Direksi BUMN/BUMD, Anggota DPR/DPRD, serta pihak lain yang diatur dalam Permenko 11/2020, tidak dapat menerima manfaat Program Kartu Prakerja.
(akr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top