Khawatir Menularkan, Akses ke Salah Satu Rumah Pasien COVID-19 Ditutup

Sabtu, 27 Februari 2021 - 07:42 WIB
loading...
Khawatir Menularkan, Akses ke Salah Satu Rumah Pasien COVID-19 Ditutup
Pengurus RT, RW, dan petugas kelurahan saat memberikan bantuan kebutuhan logistik kepada keluarga yang sedang menjalani isolasi mandiri di RT 04/14, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi. Foto/Istimewa
A A A
CIMAHI - Akses menuju salah satu rumah di RT 04/14, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi terpaksa ditutup sementara. Pasalnya di rumah tersebut terdapat keluarga pasangan suami istri yang positif COVID-19 dan sedang menjalani isolasi mandiri.

"Penutupan akses jalan ke rumah itu hanya sementara dan sudah menjadi kesepakatan warga serta pengurus baik RT dan RW di sini. Tujuannya agar tidak menularkan dan ada yang tertular," kata Ketua RT 04, Kelurahan Baros, Reymon, Jumat (26/2/2021).

Dia menyebutkan, rumah tersebut dihuni oleh Hasyim (50) dan Riska (45). Pasangan suami istri tersebut terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil swab test, dan kini sedang menjalani isolasi mandiri hari ketujuh. Penutupan akses jalan itu pertimbangannya untuk mencegah penularan ke warga sekitar.

Apalagi di sekitar tetangga rumah pasangan tersebut terdapat sejumlah lansia. Serta di area tersebut juga sering jadi tempat main anak-anak. Namun meski ditutup, masih banyak akses jalan yang bisa dilalui oleh warga untuk beraktivitas di kawasan tersebut."Kami juga sudah konsultasi dengan pihak keluarganya, maaf akses jalan ditutup sementara. Mereka mengiyakan," imbuhnya.

Lurah Baros, Agus Irwan Kustiawan mengatakan, meski pasutri tersebut menjalani isolasi mandiri dan akses jalannya ditutup, kebutuhan pokoknya dijamin oleh pemerintahan dan warga setempat. Dirinya juga mengapresiasi kebersamaan di wilayah tersebut yang meski berasal dari ras, suku dan agama yang berbeda, namun tetap saling membantu."Di sina saling bantu, kebutuhan logistiknya dipenuhi setiap hari. Pengurus RT, RW juga selalu memberikan motivasi ke keluarga yang sedang isolasi mandiri," tuturnya.

Kasus pasangan suami istri yang terpapar positif COVID-19 itu merupakan yang pertama di RW 14, Kelurahan Baros. Pertama kali menyerang Hasyim dari tempat kerjanya di sebuah bank di KBB. Dia sempat menjalani perawatan lantaran memiliki penyakit bawaan. Setelah dilakukan traking, ternyata istrinya juga dinyatakan positif, sementara anaknya negatif.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)