Diduga Selewengkan Dana Desa, Peratin di Pesisir Barat Diperiksa Inspektorat

Sabtu, 27 Februari 2021 - 08:47 WIB
loading...
Diduga Selewengkan Dana Desa, Peratin di Pesisir Barat Diperiksa Inspektorat
Peratin Pekon Padang Rindu, Kecamatan Pesisir Utara, Khairil Anwar, diperiksa Inspektorat Kabupaten Pesisir Barat. Foto/iNews/Enrico Ngantung
A A A
PESISIR BARAT - Peratin atau Kepala Desa (Kades) Pekon Padang Rindu, Kecamatan Pesisir Utara, Khairil Anwar, diperiksa Inspektorat Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar). Pemeriksaan ini terkait dugaan korupsi dana desa .



Kasus dugaan korupsi dana desa ini mencuat, setelah adanya laporan dari masyarakat dan Lembaga Himpun Pekon (LHP). Khairil Anwar, bersama lima Perangkat Pekon Padang Rindu lainnya, secara resmi dipanggil oleh Inspektorat.



Mereka dimintai keterangan, terkait dugaan penggelembungan anggaran pembangunan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) tahun anggaran 2019, tidak transparannya pemerintah pekon dalam mengelola dana desa , serta dugaan pemalsuan tandatangan sesuai laporan yang dilayangkan masyarakat dan LHP Padang Rindu.



Inspektur Pembantu wilayah (Irbanwil) III, Syurkur Yakcub, membenarkan bahwa pada Jumat (25/2/2021) telah memanggil Peratin Pekon Padang Rindu, Khairil Anwar, bersama lima perangkat pekon untuk memberikan keterangan terkait laporan LHP dan masyarakat setempat beberapa waktu lalu.

"Kami telah memanggil Peratin Pekon Padang Rindu, bersama dengan lima perangkatnya untuk dimintai keterangan secara lisan terkait pengaduan LHP dan masyarakat. Saat ini kami masih mengumpulkan bahan keterangan dari sejumlah narasumber baik masyarakat, LHP dan aparatur pekon," ujar Syurkur Yakcub.



Ketua LHP Pekon Padang Rindu, Syahroni berharap, seluruh laporan dan keterangan yang diberikan Ke Aparat Penegak Hukum (APH) terkait dugaan penyalahgunaan dana desa , dapat ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2161 seconds (0.1#10.140)