Satgas: Kasus Covid-19 di Provinsi yang Terapkan PPKM Turun Kecuali Jabar

Minggu, 28 Februari 2021 - 15:55 WIB
loading...
Satgas: Kasus Covid-19 di Provinsi yang Terapkan PPKM Turun Kecuali Jabar
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan kasus aktif Covid-19 di Provinsi yang melaksanakan PPKM Mikro menurun, kecuali Jawa Barat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan kasus aktif Covid-19 di Provinsi yang melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro menurun, kecuali Jawa Barat.

“Khusus untuk PPKM mikro di 7 provinsi, kita perhatikan hampir semuanya, hampir ya semuanya mengalami penurunan. Kecuali, satu yaitu Jawa Barat. Namun demikian Jawa Barat sendiri mungkin hanya tinggal sedikit saja,” kata Doni dalam Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 secara virtual, Minggu (28/2/2021).

Namun demikian, kata Doni, PPKM yang dilaksanakan dalam beberapa minggu terakhir ini memberikan keberhasilan. “Terkait dengan keberhasilan dalam beberapa minggu terakhir ini. Terjadi penurunan kasus aktif ya. Dan juga akan sembuh semakin meningkat, kemudian angka kematian juga berkurang 0,11%,” kata Doni.

Doni mengatakan tidak bisa dipungkiri kenaikan kasus terjadi dikarenakan adanya libur panjang. Oleh karena itu pada saat libur panjang Imlek kemarin, kata Doni, dikeluarkan kebijakan untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota. Yang akhirnya berdampak tidak ada peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan. “Karenanya pengalaman kita selama hampir setahun terakhir, lantas ketika kemarin ada libur Imlek, maka ada edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian dan Lembaga serta dari Satgas tidak melakukan perjalanan ke luar kota,” kata Doni.

Bahkan, tegas Doni, saat ini kasus Covid-19 bisa dikendalikan dan terjadi penurunan angka Covid-19 di seluruh provinsi di Tanah Air. “Alhamdulillah kita bisa kendalikan ini dan terjadi penurunan yang cukup baik di seluruh provinsi. Walaupun masih ada mungkin Provinsi yang belum optimal tetapi trennya adalah mengalami penurunan secara keseluruhannya,” ujarnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2411 seconds (0.1#10.140)