Forkabi Ingin Kolaborasi dengan Pemprov DKI Kembangkan UMKM

Senin, 01 Maret 2021 - 19:40 WIB
loading...
Forkabi Ingin Kolaborasi dengan Pemprov DKI Kembangkan UMKM
Ketua Umum terpilih DPP Forkabi, Abdul Ghoni. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) ingin warganya menjadi tuan rumah di kotanya sendiri. Berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta, Forkabi ingin kembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) .

Ketua Umum terpilih DPP Forkabi, Abdul Ghoni mengatakan, ada banyak hal yang bisa dilakukan warga Betawi untuk berperan dalam pembangunan Ibu Kota dan kawasan kota penyangga. Salah satunya adalah fokus pada pengembangan koperasi yang dikelola anggota Forkabi di seluruh cabang yang tersebar di 13 kabupaten dan kota se-Jabodetabek. Koperasi tersebut, lanjut Ghoni, akan bergerak di berbagai sektor mulai dari simpan pinjam, pengembangan UMKM yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di cabang-cabang tersebut. Misalnya saja kuliner khas Betawi, batik Betawi, dan sebagainya. Terpenting harus gigih dalam pemasaran.

"Dalam lima tahun ini kami akan berfokus dalam mengembangkan kapasitas SDM dan perekonomian anggota Forkabi, salah satunya dengan mengembangkan koperasi ke seluruh cabang di Jabodetabek," kata Abdul Ghoni kepada wartawan, Senin (1/3/2021). Ghoni menjelaskan, dalam kepemimpinannya ke depan, pihaknya akan memulai dengan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Diharapkan, dengan SDM yang unggul nantinya bisa berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan kemampuan pengembangan koperasi, tapi juga daya saing dan kemandirian warga Betawi, terlebih di masa serba sulit akibat Pandemi Covid-19 sekarang.

Saat ini, kata Ghoni, koperasi Forkabi yang sudah berjalan ada di 10 kecamatan di Jakarta Selatan. Mereka bergerak di bidang pengembangan kuliner, usaha perbengkelan dan lain sebagainya. "Koperasi ini akan kami kembangkan dari yang 10 kecamatan di Jaksel ke 13 wilayah kota kabupaten se-Jabodetabek. Oleh karena itu, saya minta anggota yang sudah menikmati harus mengembangkan terus dengan cara berantai memberikannya pada yang lain agar peran Forkabi ini juga selain berdampak pada anggotanya, juga pada masyarakat secara umum," paparnya.

Pria yang akrab disapa Haji Ghoni terpilih memimpin ogranisasi DPP Forkabi periode 2021-2026 pada 21 Februari 2021 di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Dalam acara tersebut turut hadir Ketua Umum Bamus Betawi yang juga Anggota DPR/MPR RI, Abraham Lunggana (Haji Lulung) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)