Menparekraf: Program Exotisme Lombok Dapat Bantu Pulihkan Ekonomi Indonesia

Rabu, 03 Maret 2021 - 15:32 WIB
loading...
Menparekraf: Program Exotisme Lombok Dapat Bantu Pulihkan Ekonomi Indonesia
Menparekraf RI, Sandiaga Uno menyebutkan, pihaknya baru saja menyelesaikan program Exotisme Lombok yang diharapkan dapat membangkitkan UMKM lokal baik di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno menyebutkan, pihaknya baru saja menyelesaikan program 'Exotisme Lombok ' yang diharapkan dapat membangkitkan UMKM lokal baik di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif .

"Kami baru saja menyelesaikan event Exotisme Lombok, yang diluncurkan sebagai gerakan nasional bangga buatan Indonesia, bangga berwisata di Indonesia atau #DiIndonesiaSaja bersama dengan Menkomarves Luhut, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menkominfo Johnny G Plate, Menteri Koperasi UKM Teten Masduki, juga dihadiri oleh Gubernur NTB sebagai tuan rumah Zulkieflimansyah, Wamenparekraf Angela Tanosudibyo," ujar Sandiaga Uno, Rabu (3/3/2021).



Dikatakannya program tersebut adalah merupakan wujud nyata, bahwa keberpihakan kita kepada usaha kreatif lokal dan pembukaan karya kreatif Indonesia. Dengan tema Exotisme Lombok ini merupakan wujud kerja pemerintah yang hari ini di host oleh Bank Indonesia.

Gerakan nasional bangga buatan Indonesia kata Sandiaga Uno sudah dicanangkan Presiden RI sejak awal 2020 dan terbukti berhasil membantu UMKM agar bisa bangkit.

"Ekonomi kita butuh dorong-dorongan. Dari data 2021 tidak kurang dari 4,1 juta UMKM sudah on boarding, dua kali lipat dari target awal 2 juta UMKM. On boarding saja tidak cukup, tantangan berikutnya adalah bagaimana bisa membantu UMKM dan pelaku ekonomi kreatif dapat meningkatkan nilai transaksi," tambah Sandiaga Uno.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno mengunjungi tidak hanya penjualan offline yang terkendala pandemi Covid-19 namun juga transaksi online melalui mekanisme pengadaan barang dan jasa pemerintah sebab pandemi ini justru menjadi kesempatan untuk mendorong UMKM naik kelas dengan mengakselerasikan on holding digital menjadi pandemic benefit.

Di tahun 2021, Kemenparekraf sedang memahat sejarah, mengawali kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif serta memulihkan ekonomi Indonesia. Dengan semua dukungan KL, dan gerakan nasional bangga buatan Indonesia adalah juga merupakan satu semangat bangga berwisata di Indonesia.

"Ini kolaborasi untuk mensukseskan dan dan langsung fokus mendukung daerah target masing-masing. Bulan lalu Kemenparekraf meluncurkan kampanye beli kreatif danau Toba serta sebelumnya dengan beberapa UMKM meluncurkan Beli kreatif Bali yang di siarkan langsung dari beberapa lokasi di Sumatera Utara dan dibuka langsung Presiden Joko Widodo. Beli Kreatif Danau Toba memfasilitasi produk artisanal, subsektor, fashion, kuliner dan kriya. Mendukung danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas," tutur Sandiaga Uno.



Dalam kesempatan tersebut Menparekraf mengucapkan terima kasih, karena ini tidak mungkin dilaksanakan dengan kolaborasi multi stakeholder.

"Di masa-masa sulit seperti sekarang ini, ternyata kolaborasi, inovasi dan adaptasi ini menjadi kunci keberhasilan, ini juga tiga pilar yang kami usung di Kemenparekraf. Dan program beli kreatif danau Toba dari sisi sektor pariwisata disempurnakan dengan bangga berwisata di Indonesia atau #DiIndonesiaSaja," lanjut Sandiaga Uno.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)