KlikDokter Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis untuk Lansia, Ini Cara Daftarnya

Jum'at, 26 Maret 2021 - 22:11 WIB
loading...
KlikDokter Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis untuk Lansia, Ini Cara Daftarnya
Vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat lanjut usia (lansia). Foto/Dok. SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Anak usaha PT Kalbe Farma Tbk , KlikDokter, menggelar program vaksinasi Covid-19 gratis untuk masyarakat lanjut usia (lansia) DKI Jakarta. Setiap harinya, KlikDokter menargetkan 500 lansia menerima vaksin Covid-19.

Vaksinasi yang diselenggarakan Kalbe bekerja sama dengan RS Omni, RS EMC dan Summarecon Mall Kelapa Gading, serta didukung Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta itu digelar dari tanggal 25 hingga 31 Maret 2021 di Summarecon Mall Kelapa Gading 5 Jakarta. Baca Juga: Vaksinasi Lansia, Erick Thohir Bidik 5.000 Pendaftar per Hari

"Kami mendukung pemerintah yang saat ini memprioritaskan lansia dalam pemberian vaksin sebagai kelompok usia rentan dan berbahaya apabila terkena Covid-19," ujar Direktur PT Kalbe Farma Tbk Michael Buyung melalui siaran pers, Kamis (26/3/2021). Michael menambahkan, Kalbe juga akan mendukung program vaksinasi untuk kelompok usia lain di luar lansia, jika sudah tiba saatnya.

Sementara, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rondonuw dalam kunjungannya ke lokasi pelaksanaan vaksinasi mengatakan bahwa saat ini pemerintah sedang meningkatkan target pemenuhan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk lansia. Untuk itu, pemerintah melalui Kemenkes melakukan terobosan dengan proaktif menjemput bola mendatangi tempat tinggal lansia.

Terkait dengan itu, Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengapresiasi kolaborasi penyelenggaraan vaksinasi dinamis yang menjadi representasi dalam pelayanan warga lanjut usia ini. Menurutnya, dengan suasana yang nyaman dan akses mudah, lansia semakin tertarik untuk segera mendapatkan vaksinasi.

"Yang lebih penting lagi penyelenggara begitu taat dengan protokol kesehatan yang salah satunya diatur betul jarak dan alur vaksinasinya mulai dari tahap registrasi sampai observasi pasca-vaksinasi," kata Ali.

Direktur KlikDokter Dino Bramanto mengatakan, pihaknya memang secara proaktif menyelenggarakan program ini dengan memberikan kemudahan bagi para lansia. "Mereka cukup mendaftarkan melalui aplikasi Klikdokter," ujarnya.

Dino menjelaskan, proses pendaftaran sangat mudah yaitu masyarakat yang ingin mendaftarkan orang tuanya wajib melakukan buat janji via aplikasi KlikDokter dan mengisi profil diri peserta secara lengkap di menu data diri peserta. Baca Juga: Tolak Presiden Tiga Periode, Megawati Lebarkan Jalan Duet Prabowo-Puan?

"Untuk mendapatkan program vaksinasi lansia ini cukup dengan mengakses link http://bit.ly/kd-vaksin lansia. Setelah data di-submit, maka KlikDokter akan mengonfirmasi peserta, menginfokan tanggal kedatangan dan mengonfirmasi kedatangan peserta melalui e-mail atau whatsapp," paparnya.

Dino melanjutkan, peserta wajib datang minimal 30 menit sebelum jadwal yang telah terdaftar. Peserta juga wajib membawa KTP saat kedatangan dan menunjukkan kode booking. Syarat lainnya, peserta harus berusia 60 tahun + 1 pada saat vaksin dilakukan.

"Peserta tidak dapat melakukan pendaftaran langsung di tempat. Pendaftaran on the spot hanya dilakukan jika terdapat sisa slot di akhir pelaksanaan acara pada hari tersebut," imbuhnya.

Setelah tahap vaksinasi pertama selesai, sambung dia, KlikDokter akan mengingatkan untuk vaksin kedua melalui whatsapp dan push notifikasi lewat aplikasi KlikDokter. Dia menambahkan, bagi lansia yang memiliki KTP non DKI akan tetapi berdomisili di Jakarta, bisa mengikuti program ini dengan membawa surat keterangan domisili dari pengurus warga setempat.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)