XL Axiata Umumkan Susunan Direksi dan Dewan Komisaris yang Baru

Rabu, 20 Mei 2020 - 09:20 WIB
loading...
XL Axiata Umumkan Susunan Direksi dan Dewan Komisaris yang Baru
(ki-ka) Direktur Finance XL Axiata, Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin, Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, Presiden Komisaris XL Axiata, Dr. Muhamad Chatib Basri dan Direktur Commercial XL Axiata, David Arcelus Oses dalam acara Rapat Umum Pe
A A A
JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata), menetapkan sejumlah kebijakan penting. Salah satunya adalah susunan direksi dewan komisaris yang baru, serta persetujuan pembagian deviden.

Menurut Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini, untuk pembagian deviden, disetujui deviden tunai sebesar minimal 30 persen dari laba bersih yang dinormalisasi di tahun sebelumnya dengan maksud untuk meningkatkan rasio payout di masa mendatang.

Adapun tahun buku yang berakhir 31 Desember 2019 XL Axiata telah membukukan keuntungan sebesar Rp712.579.000.000. Setelah penyesuaian one-off item, perseroan membukukan keuntungan setelah penyesuaian sebesar Rp719.116.000.000.

Baca : Di Tengah Pandemi, XL Axiata Tetap Raih Pertumbuhan Kinerja Positif

"Maka itu, sesuai dengan kebijakan deviden di mana 30 persen dari keuntungan setelah penyesuaian sebesar Rp215.735.000.000 akan didistribusikan kepada pemegang saham, setara dengan Rp20 per lembar saham. Sisa Rp496.744.000.000 akan dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha XL Axiata," jelasnya.

Sementara itu terkait, perubahan susunan Dewan Komisaris, Rapat juga telah menyetujui untuk mengangkat Dato’ Mohd Izzadin Idris dan Dr. Hans Wijayasuriya masing-masing sebagai Komisaris baru XL Axiata menggantikan Kenneth Shen dan Peter J. Chambers.

Dato’ Mohd Izzadin saat ini menjabat sebagai Executive Director/Deputy Group CEO Axiata Groups Bhd. Sebelumnya bergabung dengan Axiata, Izzadin menjabat sebagai Group Managing Director/Chief Executive Officer UEM Group Berhad, sejak Juli 2019 sampai dengan Oktober 2018.

Sementara itu Dr. Hans Wijayasuriya saat ini menjabat sebagai Regional CEO for South Asia & Corporate Executive Vice President dari Axiata Group sejak bulan Januari 2016.

Berikut susunan Dewan Komisaris XL Axiata yang baru:
Presiden Komisaris Dr. Muhamad Chatib Basri
Komisaris Tan Sri Jamaludin bin Ibrahim
Vivek Sood
Dr. David R. Dean
Dato’ Izzaddin bin Idris
Dr. Hans Wijayasuriya

Komisaris Independen Yasmin Stamboel Wirjawan
Muliadi Rahardja
Julianto Sidarto

Berikut susunan Direksi XL Axiata yang baru:
Presiden Direktur Dian Siswarini
Direktur Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin
Yessie D. Yosetya
Abhijit J. Navalekar
David Arcelus Oses
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)