Banyak Bank Ogah Tampung Dana BPJSKetenagakerjaan

Rabu, 31 Maret 2021 - 12:08 WIB
loading...
Banyak Bank Ogah Tampung Dana BPJSKetenagakerjaan
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ternyata, banyak bank yang menolak penempatan deposito dari BPJSKetenagakerjaan (BPJSTK) . Hal tersebut diakui oleh Direktur Pengembangan Investasi BPJSTK Edwin Michael Ridwan Anggoro dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Selasa (30/3). Alasan penolakan tersebut adalah karena bank-bank tersebut sedang kelebihan likuiditas. ( Baca juga:Dewas BPJS Harus Figur yang Berintegritas, Inovatif, dan Pro-Rakyat )

"Kalau pun ada bank yang menerima, maka bunga deposito yang diberikan hanya sekitar 3% hingga 3,25%. Hal ini sejalan dengan suku bunga acuan Bank Indonesia yang rendah, yakni 3,5%," ucap Edwin.

Untuk saat ini, BPJSTK hanya menempatkan dana di deposito sebesar 12% dari total dana kelolaan yang sekitar Rp489,89 triliun. Sementara, sebagian besar dana kelolaan masih ditempatkan di obligasi sebesar 65%.

"Untuk saham 14%, reksadana yang sebagian besar di saham 8%, properti 0,4%, dan penyertaan langsung 0,1%," tambahnya.

Dari penempatan investasi itu, Edwin memproyeksikan tingkat pengembalian investasi atau imbal hasil (yield on investment/YOI) dari deposito sebesar 6%. ( Baca juga:Puasa Mendekat, Impor Daging Sapi Asal Brasil Sudah Merapat )

"Kemudian, obligasi 7,8%, saham 4,5%, reksadana 1,2%, properti 4,4%, dan penyertaan langsung 1,1%," imbuhnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)