Berkah Kenaikan Harga CPO Dorong Kinerja AALI di 2020

loading...
Berkah Kenaikan Harga CPO Dorong Kinerja AALI di 2020
Kenaikan harga CPO sukses mendongkrak kinerja Astra Agro Lestari di 2020. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - PT Astra Agro Lestari (AALI) Tbk mencatat harga jual rata-rata crude palm oil (CPO) di tahun 2020 naik 27,8% dikisaran Rp8.548 per kilogram (kg) dibandingkan dengan harga jual 2019 sebesar Rp6.689 per kg.

Corporate Secretary PT Astra Agro Lestari Tbk Mario CS Gultom mengatakan, di tahun 2020 hampir semua perusahaan perkebunan kelapa sawit mendapatkan berkah harga yang cukup bagus dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini mendorong kenaikan laba yang cukup signifikan bagi perusahaan perkebunan. Baca Juga: Astra Agro Lestari Raup Laba Bersih Rp833 Miliar

"Begitu juga dengan AALI naik cukup signifikan membukukan laba yang cukup tinggi sebesar Rp833,09 miliar pada tahun 2020 atau naik 294% dari tahun sebelumnya," ujarnya pada closing market IDX Channel, Rabu (31/3/2021).

Menurut dia, kenaikan harga CPO menjadi pendorong utama dari kinerja AALI di tahun 2020. Harga naik cukup signifikan baik untuk CPO dan turunannya maupun untuk kernel dan turunannya. Baca Juga: BREAKING NEWS: Mabes Polri Diserang Teroris, 1 Tewas



Di samping itu, perseroan juga melakukan efisiensi operasional di mana hanya mendanai pengeluaran yang berhubungan dengan produktivitas operasional.

"Jadi di luar itu kami sangat selektif sekali. Hal lainnya adalah selama pandemi Covid-19 kami melakukan protokol kesehatan yang sangat ketat di kebun," jelasnya.
(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top