Limbah Kopi Terbukti Dapat Menyuburkan Lahan Kritis

Rabu, 31 Maret 2021 - 23:16 WIB
loading...
Limbah Kopi Terbukti Dapat Menyuburkan Lahan Kritis
Peneliti menyebarkan ampas kopi, produk limbah produksi kopi, di lahan pertanian tua berukuran 35 x 40 meter. Hasilnya, lahan menjadi subur untuk reboisasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Percaya atau tidak, limbah kopi ternyata sangat bermanfaat untuk menyuburkan tanah. Setidaknya ini terjadi dalam penelitian di Kosta Rika.

Sebanyak 30 truk penuh limbah kopi ditebar ke lahan reboisasi . Hasilnya, hutan pulih jauh lebih cepat.

Peneliti menyebarkan ampas kopi , produk limbah produksi kopi, di lahan pertanian tua berukuran 35 x 40 meter. “Hasilnya dramatis,” kata Dr Rebecca Cole dari University of Hawai'i, penulis utama studi tersebut, seperti disitat laman Science Focus.

“Area yang diolah dengan lapisan tebal pulp kopi berubah menjadi hutan kecil hanya dalam dua tahun. Sementara plot kontrol tetap didominasi oleh rumput padang rumput non-asli,” tuturnya.

Bekerja dengan kolaborator dari universitas riset Swiss ETH-Zurich, tim Cole menyebarkan lapisan bubur kopi setebal setengah meter ke seluruh area. Ini menghilangkan spesies rumput invasif, memungkinkan pohon asli untuk tumbuh kembali dengan cepat, benih mereka menyebar melalui angin dan penyebaran hewan.

Setelah dua tahun, area yang diolah dengan bubur kopi memiliki 80% tutupan kanopi dibandingkan 20% di area kontrol. Pohon-pohon di area pulp kopi juga empat kali lebih tinggi dan secara signifikan terdapat tingkat nutrisi yang lebih tinggi di dalam tanah, termasuk karbon, nitrogen, dan fosfor.

Studi yang dilakukan di lahan yang mengalami deforestasi drastis pada 1950-an, menunjukkan produk limbah yang murah dan tersedia dapat mempercepat pemulihan hutan tropis.

Menurut Cole, diperlukan penelitian lebih lanjut karena studi tersebut hanya melibatkan satu lokasi di lahan datar. “Kami ingin meningkatkan studi dengan menguji metode ini di berbagai situs terdegradasi dalam lanskap,” katanya. “Selain itu, konsep ini dapat diuji dengan jenis produk pertanian non-pasar lainnya seperti sekam jeruk."

“Kami berharap studi kami menjadi titik awal bagi peneliti dan industri lain untuk melihat bagaimana mereka dapat membuat produksinya lebih efisien dengan membuat tautan ke gerakan restorasi global,” harapnya.

Reboisasi adalah elemen utama dalam rencana global untuk mendekarbonisasi planet ini. Di Inggris, para ahli iklim telah menyarankan pemerintah untuk menanam 1,5 miliar pohon selama 10 tahun ke depan untuk membantu negara tersebut memenuhi target iklimnya sendiri.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)