Ketemu Otoritas China, Erick Thohir Umumkan Hasilnya Sore Ini

Jum'at, 02 April 2021 - 15:09 WIB
loading...
Ketemu Otoritas China, Erick Thohir Umumkan Hasilnya Sore Ini
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Delegasi Indonesia akan menyampaikan hasil pertemuan kerja sama bilateral dengan otoritas China pada Jumat (2/4/2021) sore ini. Pernyataan pers tersebut akan langsung disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir , Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Konferensi pers ini akan digekar secara daring mengingat ketiga pejabat negara tersebut masih berada di Fujian, China. "Kementerian Luar Negeri is inviting you to a scheduled Zoom meeting. Topic: Press Briefing Menlu, Mendag, Menteri BUMN dari Tiongkok. Time, Jumat April 2, 2021 05:00 PM Jakarta," seperti tertulis dalam undangan yang diterima awak media, hari ini.

Erick pernah membocorkan agenda kerja sama bilateral Indonesia dengan sejumlah negara mitra. Dalam kesempatan lain, dia mengutarakan pihaknya berupaya menggaet sejumlah investor asing untuk menjadi mitra Indonesia Battery Holding (IBH) atau Indonesia Battery Corporation (IBC).

IBC sendiri baru saja diresmikan Kementerian BUMN pada Jumat, pekan keempat Maret 2021. Dimana, holding ini dipercayakan akan mengelola industri baterai kendaraan listrik di dalam negeri.

Holding terdiri dari Mining and Industry Indonesia atau MIND ID, PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), dan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk, dengan masing-masing kepemilikan saham 25 persen. IBH sendiri akan difokuskan pada rantai pasok (value chain) baterai listrik.

Tak hanya China, targetnya sejak April tahun ini, delegasi akan mengunjungi Amerika Serikat dan Jepang.
Saat ini, pemerintah sudah memfinalisasikan negosiasi dengan dua produsen baterai dunia, yakni LG Chem Ltd dan Contemporary Amperex Technology Co. Ltd (CATL). Kedua perusahaan itu sepakat menjadi mitra kerja IBC untuk memproduksi baterai untuk kendaraan listrik.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)