Penanganan Bencana di NTT, Mensos: Bantuan Makanan dan Sarana Telah Disalurkan

Senin, 05 April 2021 - 21:27 WIB
loading...
Penanganan Bencana di NTT, Mensos: Bantuan Makanan dan Sarana Telah Disalurkan
Mensos Tri Rismaharini menyebut bantuan makanan dan sarana prasarana untuk korban banjir di Flores NTT telah disalurkan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini melaporkan bantuan makanan dan sarana prasarana telah disalurkan pemerintah dalam penanganan bencana banjir bandang yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu 4 April 2021.

“Jadi pada hari ini kita telah mengirimkan bantuan untuk makanan dan sarana prasarana seperti tenda dan peralatan lainnya, untuk kita arahkan ke Adonara satu, kedua ke Lembata, kemudian yang ketiga ke Bima,” ungkap Risma dalam konferensi pers penanganan bencana di NTT secara virtual, Senin (5/4/2021) malam.

Sementara itu, untuk bantuan di Pulau Alor bisa dipenuhi dari Depot Logistik (Dolog) setempat. “Untuk Pulau Alor kami sudah bisa berkomunikasi dengan DPRD Kabupaten Alor untuk bantuan berupa memenuhi dari Dolok setempat. Jadi bantuan untuk permakanan sudah dibagi,” katanya.

Selanjutnya besok, kata Risma akan disalurkan bantuan makanan dan perlengkapan lainnya ke Sumba Timur. “Besok kami menyusul akan mengirimkan bantuan permakanan, tenda dan perlengkapan kasur, selimut, pakaian itu ke Sumba Timur. Sedangkan diperkirakan besok pagi, bantuan kami yang malam ini bergerak dari Maumere menuju ke Larantuka yang kemudian menyeberang paginya ke Adonara,” ungkap Risma.

Kemudian, kata Risma, dua korban meninggal di Bima juga telah diberikan santunan. “Jadi ini beberapa yang sudah kita lakukan. Dan kita juga memberikan santunan. Tadi Pak Doni, saya tambahkan yang untuk ada dua orang yang meninggal di Bima dan sudah kita berikan santunan,” katanya.

Risma juga mengatakan Presiden Joko Widodo juga akan memberikan langsung santunan kepada korban meninggal akibat bencana di NTT. “Sehingga totalnya 86 jiwa dan kami akan berikan nanti yang akan diserahkan oleh Bapak Presiden.”

“Kemudian berikutnya kami juga memberikan bantuan ke Ende, ini sedang kita siapkan untuk ke Ende. Itu kira-kira Pak Doni yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan besok pagi kita sudah bisa menyiapkan dapur umum, tempat pengungsian di Lembata dan Adonara. Mudah-mudahan tidak ada masalah dengan cuaca,” tambah Risma.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)