Generasi Milenial Perkuat Fondasi Digital di Indonesia

loading...
Generasi Milenial Perkuat Fondasi Digital di Indonesia
Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi digital yang luar biasa. Di sisi lain, Indonesia juga diuntungkan dengan jumlah penduduk yang sangat besar yaitu sebanyak 274,9 juta jiwa.

Asisten Gubernur Kepala DKSP Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta mengungkapkan, struktur demografi Indonesia yang dikuasai oleh generasi milenial membuat fondasi digital di Indonesia menjadi kokoh. Diketahui, generasi milenial ini merupakan digital native.

Baca juga: Milenial Jadi Sasaran Propaganda Virtual Terorisme, Crtitical Thinking Solusinya

“Hal ini diperkuat juga tentunya dengan berbagai data yang kita kutip dari We Are Social 2021. Di mana, Indonesia ini terdapat 345,3 juta pengguna mobile phone dan 202,6 juta pengguna internet. Serta 170 juta pengguna aktif media sosial,” ungkapnya dalam acara webinar Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI), Kamis (8/4/2021).

Menurut dia, berbagai fondasi pendukung digitalisasi tersebut sangat menunjang pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia. “Kita lihat perkembangan ini menunjukkan dari berbagai perilaku pengguna internet di Indonesia. Bisa dilihat 93% itu melakukan pencarian online untuk pembelian produk atau layanan, lalu 87,3% mengunjungi toko ritel online, dan 78,2% menggunakan aplikasi belanja pada ponsel atau tablet. Serta 87,1% membeli produk secara online,” ujar Filianingsih.



Baca juga: Ini Deretan Sepatu Lokal Pilihan Dokter Tirta

Lanjutnya, perilaku konsumen belanja online ini dapat menjadi peluang yang baik untuk meningkatkan inklusi keuangan masyarakat Indonesia. Sementara itu, kata dia, saat ini banyak masyarakat yang tertarik melakukan usaha secara digital. Ditambah pada era pandemi saat ini masih ada keterbatasan ruang gerak. Akan tetapi, masih belum tahu harus memulai dari mana.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top