MNC Peduli Ajak Karyawan Bantu Pasien COVID-19 dengan Donor Plasma

Jum'at, 09 April 2021 - 15:39 WIB
loading...
MNC Peduli Ajak Karyawan Bantu Pasien COVID-19 dengan Donor Plasma
Kedua kalinya dalam tahun ini, MNC Peduli ajak karyawan MNC Group untuk membantu pasien COVID-19 dengan donor plasma konvalesen. SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A A A
JAKARTA - Kedua kalinya dalam tahun ini, MNC Peduli ajak karyawan MNC Group untuk membantu pasien COVID-19 dengan donor plasma konvalesen. Donor plasma konvalesen dilaksanakan di PMI Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (9/4/2021).

Kegiatan ini sebagai dukungan gerakan nasional pendonor plasma konvalesen yang dicanangkan oleh PMI. Donor plasma saat ini masih menjadi salah satu alternatif pengobatan COVID-19 untuk pasien dengan gejala berat. Donor plasma yang digunakan adalah plasma konvalesen dari penyintas COVID-19 dengan gejala.

Ketua Bidang Kerjasama dan Kemitraan PMI DKI Jakarta, Arya Sandhiyudha mengatakan, terapi plasma konvalesen cukup baik dilakukan untuk membantu memperkuat imunitas dari para pasien COVID-19. (Baca juga; RSPI Sulianti Saroso: Kemitraan dengan MNC Peduli Bantu Penanganan Covid-19 )

"Plasma konvalesen dijadikan terapi alternatif COVID-19. Sebenarnya ini kampanye nasional dan cukup positif dari pemerintah yang harusnya dilakukan para penyintas setelah sembuh dari COVID-19," kata Arya.

Berbagai macam tes dilakukan sebelum penyintas Covid-19 dapat mendonorkan plasmanya. Tahapan pertama para penyintas harus melalui wawancara yang dilakukan oleh PMI mengenai kondisi kesehatan terakhir dan riwayat gejala saat menderita COVID-19. (Baca juga; MNC Peduli Adakan Penyuluhan Gizi dan Pemeriksaan Kesehatan Ibu Hamil-Balita di Bantar Gebang Bekasi )

Setelahnya, calon pendonor harus diambil sampel darah untuk pemeriksaan antibodi COVID-19, darah perifer lengkap (DPL), Hepatitis B, Hepatitis C, VDRL dan HIV. Setelah dapat lolos melewati beberapa tahapan tes, peserta baru dapat mendonorkan plasmanya dengan menggunakan alat khusus bernama apheresis.

Ketua MNC Peduli, Syafril Nasution menyampaikan apresiasinya kepada karyawan MNC Group yang secara sukarela mengikuti kegiatan donor plasma ini. “Kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian teman-teman dari MNC Group dalam membantu penderita COVID-19 lainnya,” katanya, Jumat (9/4/2021).

Dia berharap dengan adanya donor plasma konvalesen dapat mempercepat proses penyembuhan bagi para pasien COVID-19. Syafril juga menyampaikan terima kasih kepada PMI DKI Jakarta dalam kerja sama yang terlaksana.

“MNC Peduli berharap dapat terus membantu percepatan penanganan COVID-19 dalam berbagai bentuk. Mulai dari bantuan APD, alat kesehatan, sembako, makanan hingga donor plasma,” tambah Syafril.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4123 seconds (0.1#10.140)