Aliansi Tentara Etnis Serang Kantor Polisi Myanmar, 10 Tewas

Minggu, 11 April 2021 - 10:28 WIB
loading...
Aliansi Tentara Etnis Serang Kantor Polisi Myanmar, 10 Tewas
Aliansi tentara etnis serang kantor polisi Myanmar, 10 petugas tewas. Foto/Ilustrasi
A A A
NAYPYIDAW - Pertumpahan darah yang meningkat di Myanmar membuat marah beberapa dari 20 atau lebih kelompok etnis bersenjata di negara itu, yang menguasai sebagian besar wilayah didaerah perbatasan.

Sebuah laporan menyatakan sekelompok tentara etnis dilaporkan menyerang sebuah kantor polisi di timur laut negara bagian Myanmar. Sedikitnya 10 anggota polisi tewas dalam serangan tersebut.

Media lokal melaporkan kantor polisi di Naungmon di negara bagian Shan diserang pada pagi hari oleh pejuang dari aliansi yang mencakup Tentara Arakan, Tentara Pembebasan Nasional Ta'ang (TNLA) dan Tentara Aliansi Demokratik Nasional Myanmar.

Televisi pemerintah melaporkan pada malam hari bahwa "kelompok bersenjata teroris" menyerang kantor polisi dengan persenjataan berat dan membakarnya.

"Tentara Pembebasan Nasional Ta'ang melancarkan serangan menjelang fajar di sebuah kantor polisi," kata Brigjen TNLA Tar Bhone Kyaw, yang menolak untuk mengatakan lebih banyak seperti dikutip dari France24, Minggu (11/4/2021).

Media lokal lain Shan News mengatakan sedikitnya 10 polisi tewas, sedangkan outlet berita Shwe Phee Myay menyebutkan jumlah korban tewas 14.

TNLA mengatakan militer membalas dengan serangan udara terhadap pasukan mereka, menewaskan sedikitnya satu tentara pemberontak.

Serangan itu terjadi pada hari yang sama saat sekutu TNLA, Tentara Arakan (AA) - kelompok pemberontak terkemuka yang berbasis di negara bagian Rakhine barat - mengeluarkan pernyataan yang menegaskan kembali dukungan mereka untuk gerakan anti-kudeta.



Dua kelompok lainnya - Persatuan Nasional Karen (KNU) dan Tentara Kemerdekaan Kachin (KIA) - telah meningkatkan serangan terhadap militer dan polisi dalam beberapa pekan terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)