Efisiensi Listrik, EBT Ramah Lingkungan Ini Bisa Dipakai di Daerah Terpencil

Selasa, 13 April 2021 - 13:43 WIB
loading...
Efisiensi Listrik, EBT Ramah Lingkungan Ini Bisa Dipakai di Daerah Terpencil
Efisiensi Listrik, EBT Ramah Lingkungan Ini Bisa Dipakai di Daerah Terpencil. Foto/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Masih banyak daerah terpencil di Indonesia belum terjangkau oleh jaringan listrik. Mereka harus menjalani kehidupan dalam gulita dan keterbatasan akses kelistrikan.

Melihat kondisi itu, salah satu guru besar (gubes) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof Dr Ir Soedibyo MMT berhasil mengombinasikan rangkaian Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk meningkatkan efisiensi listrik pada daerah terpencil.

Ia menuturkan, beberapa daerah terpencil tidak bisa dialiri oleh jaringan listrik lantaran sulit terjangkau.

Sehingga diperlukan sumber listrik yang bisa didapatkan sumber energi lokal pada daerah setempat, seperti energi matahari, energi angin, atau lainnya. Sumber energi tersebut juga merupakan EBT yang ramah lingkungan.

Sayangnya, pemanfaatan EBT ternyata masih dinilai kurang efisien karena ketersediaannya tidak bisa konstan secara terus-menerus dan penggunaan di masyarakat juga tidak menentu.

“Seperti ketika mendung, sumber energi matahari siang hari jadi terhambat,” katanya, Selasa (13/4/2021).

Gubes dari Departemen Teknik Elektro ini merangkai kombinasi sumber EBT, yaitu matahari, angin, dan hidrogen supaya dapat menghasilkan listrik yang konstan dan efisiensi yang tinggi.

Soedibyo menambahkan, beberapa komponen yang ada dalam rangkaian tersebut. Antara lain berupa panel surya sebagai penghasil listrik dari sinar matahari, turbin angin penghasil listrik bertenaga angin, electrolyzer yang dapat mengubah air menjadi hidrogen, fuel cell yang bisa menghasilkan listrik dari hidrogen, penyimpan hidrogen, dan pengubah arus listrik.

Dia menjelaskan, prinsip kerja pada rangkaian ini adalah ketika listrik yang dihasilkan dari panel surya dan turbin angin lebih besar dari beban atau keperluan listrik masyarakat, maka kelebihan listrik akan digunakan oleh electrolyzer untuk menghasilkan hidrogen dari air.

Sedangkan ketika listrik yang dihasilkan dari panel surya dan turbin angin lebih kecil dari beban atau keperluan listrik masyarakat, maka kekurangan listrik tersebut akan dipenuhi dari fuel cell dengan mengubah hidrogen menjadi listrik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2308 seconds (0.1#10.140)