China kepada AS: Jangan Bermain Api di Taiwan!

Selasa, 13 April 2021 - 22:33 WIB
loading...
China kepada AS: Jangan Bermain Api di Taiwan!
China memperingatkan AS untuk tidak bermain api di Taiwan. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - China mengatakan kepada Amerika Serikat (AS) untuk berhentibermain api di Taiwan dan mengajukan protes setelah Washington mengeluarkan pedoman yang akan memungkinkan pejabat AS untuk lebih bebas bertemu dengan pejabat dari pulau yang diklaim China sebagai miliknya.

Keputusan Departemen Luar Negeri AS pada Jumat untuk memperdalam hubungan dengan Taiwan yang berpemerintahan sendiri datang di tengah meningkatnya aktivitas militer China di sekitar pulau itu, termasuk serangan angkatan udara yang hampir setiap hari ke zona pertahanan udara Taiwan (ADIZ).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan kepada wartawan bahwa mereka telah mengajukan "pernyataan tegas" dengan Amerika Serikat.

"China mendesak Amerika Serikat untuk tidak mempermainkan masalah Taiwan, segera menghentikan segala bentuk kontak resmi AS-Taiwan, menangani masalah dengan hati-hati dan tepat, dan tidak mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan kemerdekaan Taiwan agar tidak mempengaruhi dan mempengaruhi secara subversif. merusak hubungan China-AS dan perdamaian dan stabilitas di seluruh Selat Taiwan,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (13/4/2021).

Washington telah menyaksikan dengan waspada peningkatan ketegangan, dan pada hari Minggu Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan Amerika Serikat prihatin tentang tindakan agresif China terhadap Taiwan.

Dalam tanggapan tertulis kepada Reuters tentang pernyataan Blinken, Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa pemerintah China memiliki tekad mutlak untuk melindungi kedaulatan negara.

“Jangan berdiri di sisi berlawanan dari 1,4 miliar orang China,” tambahnya.

Kementerian Pertahanan Taiwan pada hari Selasa melaporkan intrusi lebih lanjut oleh jet China ke zona identifikasi pertahanan udaranya (ADIZ) - empat jet tempur J-16 dan sebuah pesawat perang anti-kapal selam.

Pada hari Senin, Taiwan mengatakan 25 pesawat angkatan udara China termasuk pesawat tempur dan pembom berkemampuan nuklir memasuki ADIZ, serangan terbesar yang dilaporkan hingga saat ini.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)