Wapres Ungkap 4 Jurus Pemerintah Sulap RI jadi Pusat Halal Dunia

Selasa, 13 April 2021 - 22:57 WIB
loading...
Wapres Ungkap 4 Jurus Pemerintah Sulap RI jadi Pusat Halal Dunia
Wakil Presiden Maruf Amin. Foto/Dok SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan ekonomi syariah dan menjadi pusat produsen produk halal dunia. Namun, saat ini Indonesia masih dalam proses untuk mencapai cita-cita tersebut.

Oleh karena itu, perlu dibangun ekosistem syariah yang berkesinambungan agar ekonomi dan keuangan syariah dapat berkembang baik secara nasional maupun global.

"Secara nasional kita akan membangun ekosistemnya. Industri halal , sistem keuangannya, kemudian menumbuhkan pengusaha-pengusaha muslim yang baru maupun yang sudah eksis kemudian kita kembangkan di Indonesia, kemudian juga pasar global," ujarnya dalam keterangannya, Selasa (13/4/2021).



Wapres menambahkan, pengembangan ekosistem syariah nasional tersebut dilakukan melalui empat strategi. Pertama dengan pembangunan kawasan industri halal atau Halal Industrial Park (HIP).

Kemudian yang kedua adalah melalui penggabungan tiga bank syariah milik negara menjadi Bank Syariah Indonesia. Lalu yang ketiga adalah dengan melakukan optimalisasi pengelolaan dana sosial.

Keempat, dengan mendirikan pusat-pusat pelatihan dan pengembangan bagi para pelaku bisnis syariah. Selain itu, saat ini pemerintah juga sedang menerapkan strategi berupa kolaborasi antar organisasi yang anggotanya merupakan pemangku kepentingan yang memiliki kendali untuk mengakselerasi pengembangan ekonomi syariah.



"Semua pemangku kepentingan ini menjadi satu-satu kesatuan yang saya katakan sifatnya collaborative work ya, kerja kolaborasi yang semuanya bekerja bersama-sama memajukan (ekonomi dan keuangan syariah),” jelas Wapres.

Wapres juga menyebut, seluruh strategi yang sudah diterapkan oleh pemerintah ini baru akan berjalan baik apabila ada partisipasi aktif dari seluruh pihak terkait.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)