Taliban Tolak Hadiri Pembicaraan Damai Afghanistan Hingga Pasukan Asing Ditarik

Rabu, 14 April 2021 - 19:59 WIB
loading...
Taliban Tolak Hadiri Pembicaraan Damai Afghanistan Hingga Pasukan Asing Ditarik
Taliban menolak menghadiri pembicaraan intra Afghanistan sampai pasukan asing ditarik. Foto/Al Araby
A A A
KABUL - Taliban mengatakan tidak akan menghadiri pertemuan puncak tentang masa depan Afghanistan di Turki bulan ini sampai semua pasukan asing meninggalkan negara mereka.

"Sampai semua pasukan asing benar-benar menarik diri dari tanah air kami, (kami) tidak akan berpartisipasi dalam konferensi apa pun yang akan membuat keputusan tentang Afghanistan," cuit Mohammad Naeem, juru bicara kantor Taliban di Qatar seperti dikutip dari Al Araby, Rabu (14/4/2021).

Pernyataan ini datang hanya beberapa jam setelah diketahui bahwa Amerika Serikat (AS) akan menarik pasukannya dari Afghanistan sekitar lima bulan dari yang jadwal semula yang disetujui Washington dengan para pemberontak.

Para pejabat AS mengatakan Presiden Joe Biden akan menarik semua pasukan Amerika dari Afghanistan sebelum peringatan 20 tahun serangan 11 September tahun ini.



Penarikan tersebut, akhirnya mengakhiri perang terpanjang Amerika meskipun meningkatnya kekhawatiran akan kemenangan Taliban, menunda sekitar lima bulan kesepakatan dengan Taliban yang ditandatangani oleh mantan presiden Donald Trump untuk menarik pasukan.

Ada konsensus yang berkembang di Washington bahwa hanya sedikit yang bisa dicapai di negara yang dilanda konflik itu.

Keputusan itu diambil ketika Turki mengumumkan konferensi perdamaian internasional di Afghanistan yang diharapkan tuan rumah dapat membuka jalan menuju pengaturan pembagian kekuasaan.

Konferensi tersebut, yang akan diadakan di Istanbul dari 24 April hingga 4 Mei, akan berupaya menghidupkan kembali perundingan perdamaian yang telah lama terhenti yang diselenggarakan di ibu kota Qatar, Doha.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)