Bangkitkan UMKM di Lombok, Program Karya Kreatif Digelar

Rabu, 14 April 2021 - 21:44 WIB
loading...
Bangkitkan UMKM di Lombok,  Program Karya Kreatif  Digelar
Rangkaian program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia menghadirkan edukasi bagi UMKM di Lombok. Foto istimewa
A A A
JAKARTA - Berbagai upaya dilakukan untuk membangkitkan sektor UMKM di tengah kelesuan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Upaya itu antaranya dilakukan Blibli dan Gojek berkolaborasi dengan BCA yang menggelar rangkaian kegiatan Karya Kreatif Indonesia-Eksotisme Lombok.

Kegiatan yang menghadirkan rangkaian pembinaan berupa edukasi webinar inspiratif bagi pelaku UMKM itu bertujuan untuk membangkitkan kembali bisnis yang saat ini lagi lesu karena terdampak pandemi. "Kegiatan masih dalam satu rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tema Karya Kreatif Indonesia - Eksotisme Lombok," kata EVP CSR BCA Inge Setiawati melalui pernyataan tertulisnya, Rabu (14/4/2021). Baca juga: BUMN Karya Berdarah-darah, Bos WIKA: WIKA Jatuh Bangun, tapi Tetap Bangun Terus

Kegiatan webinar bertajuk “OBRAL-Obrolan Bangga Lokal, Digitalisasi UMKM” yang berlangsung dari 6 April-7 April 2021 itu, lanjutnya, dihadiri oleh 100 UMKM. Pada webinar ini, pelaku UMKM mendapatkan edukasi mengenai digitalisasi yang harus diterapkan di masa ruang gerak yang terbatas.

Juga dibahas topik-topik yang relevan mengenai membangun bisnis seperti literasi keuangan, sertifikasi halal, berjualan secara online, serta pengelolaan food hygiene. Pada kesempatan ini dipilih 64 UMKM terbaik untuk mendapatkan sertifikasi halal secara gratis. "Ini menjadi kesempatan yang menarik bagi pelaku UMKM ini karena dapat mengembangkan bisnis makanannya berkat adanya sertifikasi ini," kata Inge.

Sekadar informasi, program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang mengangkat tema Karya Kreatif Indonesia-Eksotisme Lombok dicanangkan oleh Bank Indonesia. BCA ikut menyukseskannya dengan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 20 UMKM unggulan di wilayah NTB untuk bergabung di program Bangga Lokal, serta membantu program pemasaran melalui situs e-commerce. Melalui rangkaian pendampingan bagi UMKM, diharapkan pariwisata dan perekonomian di Indonesia bisa segera kembali pulih.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4780 seconds (0.1#10.140)