RI Resmi jadi Tuan Rumah FIBA Asia Cup 2021, Erick Thohir: Berkah Ramadan

Kamis, 15 April 2021 - 06:14 WIB
loading...
RI Resmi jadi Tuan Rumah FIBA Asia Cup 2021, Erick Thohir: Berkah Ramadan
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/SINDophoto/Yulianto
A A A
JAKARTA - Kejuaraan bola basket FIBA Asia Cup 2021 yang akan digelar di Istora, Senayan, Jakarta, pada 17-29 Agustus 2021 mendatang. Ajang ini akan menjadi olahraga internasional pertama di Indonesia di masa pandemi.

Menteri BUMN, Erick Thohir mencatat, rencana Indonesia sebagai tuan rumah ditandai dengan peluncuran logo FIBA Asia Cup 2021 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada Selasa (13/4).

Peluncuran logo FIBA Asia Cup ini yang menandakan Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggara ajang bola basket internasional. Bahkan dia meyakini hal tersebut merupakan berkah di bulan Ramadhan bagi olahraga nasional.

"Setelah setahun lebih kita berjuang melawan pandemi, dan kini kita memasuki periode vaksinasi, maka peluncuran logo FIBA Asia Cup 2021 menjadi momentum bagi kita semua untuk bangkit," ujar Erick dalam keterangan pers, Rabu (14/4/2021).



Mantan Bos Inter Milan itu juga menilai, olahraga memiliki dimensi yang bisa mempengaruhi banyak sektor kehidupan. Kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang menjadi bukti. Bahwa, ajang itu memberikan trickle down effect positif bagi sendi kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan budaya di Indonesia.

"Pemerintah akan memberikan dukungan maksimal demi kesuksesan penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021. Saya yakin, sektor swasta juga akan aktif terlibat untuk berpartisipasi karena ini event olahraga internasional perdana di tengah pandemi. Kesuksesan akan berdampak positif, baik di bidang ekonomi, kesehatan, pariwisata, dan banyak hal," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Dia mencatat, Kemenkes akan mendukung agar FIBA Asia Cup 2021 yang diikuti 16 negara, termasuk Indonesia, berjalan lancar dan melaksanakan standar protokol kesehatan yang ditetapkan.



Meski FIBA sebagai pemegang hak kejuaraan memiliki aturan mengenai protokol kesehatan, Kemenkes juga siap memberikan dukungan melalui peraturan protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)