Cari Investasi Syariah di Bulan Penuh Berkah? Ini Rekomendasinya!

Selasa, 20 April 2021 - 15:54 WIB
loading...
Cari Investasi Syariah di Bulan Penuh Berkah? Ini Rekomendasinya!
MAM memiliki 3 produk reksa dana syariah unggulan. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang penuh berkah, seluruh umat muslim berlomba lomba untuk mendapatkan keberkahan melalui puasa dan amalan-amalan baik lainnya. Selama 30 hari, umat muslim berpuasa, mengurangi konsumsi makan dan minum, menikmati momen sahur serta berbuka. Bagi sebagian orang, momentum ini adalah salah satu kesempatan untuk menghemat pengeluaran makan siang yang dapat dialokasikan untuk menambah investasi.

Salah satu investasi yang tepat di bulan Ramadan seperti saat ini yaitu reksa dana syariah. Selain tidak mengandung riba dan halal, investasi pada reksa dana syariah juga memiliki keunggulan diversifikasi risiko dan tingkat imbal hasil yang dapat disesuaikan dengan profil risiko investor serta bebas biaya administrasi bulanan.



Reksa dana syariah yang terdaftar resmi di OJK akan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). DPS ini merupakan perwakilan dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) yang ditempatkan pada industri keuangan. Pengawasan yang dilakukan oleh DPS yaitu, mulai dari manajer investasi yang mengelola, proses pembelian underlying portfolio, efek syariah, emiten yang dipilih dan lain sebagainya.

Dengan demikian, kita tidak perlu ragu untuk memilih reksa dana syariah sebagai salah satu instrumen investasi yang memenuhi kaidah keuangan syariah. Adapun jenis jenis produk reksa dana syariah sama halnya dengan produk reksa dana konvensional. Mulai dari jenis pasar uang, pendapatan tetap, campuran hingga saham. Salah satu manajer investasi yang menyediakan produk reksa dana syariah yang lengkap yaitu PT MNC Asset Management (MAM) yang merupakan salah satu anak usaha dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP).

“Pada bulan Ramadan ini, rasanya sangat bijak jika kita menambah produk investasi syariah kita melalui reksa dana syariah. Selain sebagai diversifikasi, tingkat imbal hasil juga cukup kompetitif dibandingan tabungan atau deposito bank syariah,” tandas Chief Marketing Officer MAM, Dimas Aditia Ariadi.



Lebih lanjut Dimas menjelaskan bahwa MAM memiliki 3 produk reksa dana syariah unggulan, yaitu MNC Dana Syariah Barokah (Pasar Uang), MNC Dana Syariah (Pendapatan Tetap), dan MNC Dana Syariah Ekuitas (Saham). Ketiganya diawasi oleh DPS dan imbal hasil yang cukup kompetitif. Sebagai contoh, tingkat imbal hasil MNC Dana Syariah Barokah per Maret 2021 yaitu 3,95 % nett p.a setara dengan nisbah deposito bank syariah 4,67 % gross p.a dengan tingkat risiko yang relatif rendah. Dimas juga menuturkan bahwa nasabah dapat membeli seluruh produk syariah tersebut mulai dari Rp100.000 saja tanpa biaya subscription, switching maupun redemption hanya melalui aplikasi MNC Duit yang dapat diakses di google play dan website www.mncduit.co.id
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)