Banyak Manfaat, Ikan Cocok Jadi Hidangan Utama Selama Ramadhan dan Lebaran

Senin, 26 April 2021 - 22:52 WIB
loading...
Banyak Manfaat, Ikan Cocok Jadi Hidangan Utama Selama Ramadhan dan Lebaran
Kandungan gizi ikan bisa menjaga tubuh tetap fit dan membuat puasa menjadi lancar. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengajak masyarakat untuk rutin mengonsumsi ikan , terlebih selama bulan Ramadhan. Kandungan gizi ikan bisa menjaga tubuh tetap fit dan membuat puasa menjadi lancar.

Baca juga: Baekhyun EXO akan Mengadakan Siaran Langsung untuk Rayakan Ulang Tahun

"Makan ikan itu jauh lebih bagus. Dia memiki banyak protein dan vitamin, khususnya omega," terang Menteri Trenggono usai melakukan demo masak bertajuk Fish to Fish di Gedung Mina Bahari III, Jakarta, Senin (26/4).

Sembari memasak menu Barramundi Eungkot Tumeh Aceh dan Udang Bunaken, Menteri Trenggono mengatakan jika selama berpuasa mengurangi konsumsi karbohidrat. Sebaliknya, dia memperbanyak asupan protein yang dipenuhi dari mengonsumsi ikan. "Barramundi lebih sehat tidak kolesterol. Sekarang ini saya pribadi ngurangi karbo perbanyak protein dari ikan," sambungnya.

Hal senada diungkapkan Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti. Dia menyebut ikan memiliki sejumlah keunggulan dibanding pangan protein lainnya. Keunggulan tersebut di antaranya kandungan gizi, harga, hingga kemudahan mengolah jadi beragam menu.

Dalam kesempatan tersebut, bersama Chef Ari Galih, Artati memamerkan kepiawaiannya mengolah tuna untuk dijadikan menu lebaran. "Sehat, murah dan mudah diolah. Saya ini ngolah lontong kari tuna, cocok untuk hidangan pas lebaran nanti," ujar Artati.

Kendati demikian, Chef Priscilya mengingatkan pentingnya meminimalisir penggunaan minyak saat menggoreng ikan. Sebaliknya, sebagai bahan pangan yang mudah diolah, dia mengajak masyarakat untuk mencoba beragam menu dan resep ikan selain digoreng.

"Sedikit banget konsumsi minyaknya karena bisa kolesterol. Banyak banget variasi (menu) yang bisa kita masak," kata Chef Priscil usai menjadi partner memasak Menteri Trenggono.

Baca juga: Menkes Sebut Mutasi Virus Corona India Masuk ke Indonesia

Jebolan Master Chef Indonesia pun menyebut semua ikan bagus untuk dikonsumsi, baik ikan air laut maupun ikan air tawar. Bahkan, dia mengajak masyarakat untuk tak ragu menjadikan ikan sebagai hidangan utama saat lebaran nanti. "Ikan apa aja yang layak konsumsi, semua ikan bagus banget. Menu lebaran, daging lontong kita ganti pakai ikan enak juga," tuntasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)