Agribisnis Ekosis Bantu Akses Pembiayaan untuk UMKM

Jum'at, 30 April 2021 - 07:22 WIB
loading...
Agribisnis Ekosis Bantu Akses Pembiayaan untuk UMKM
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia masih mengalami hambatan untuk maju. Mulai dari layanan konsultasi dan pendampingan UMKM yang belum optimal, kurangnya akses informasi dan kebijakan program pemerintah, hingga nilai tambah produk UMKM yang masih rendah.

Menjawab permasalahan tersebut, KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) bersama Bappenas dan permerintah saerah menggandeng startup Agribisnis Ekosis dan perbankan untuk memberikan akses pendampingan dan pembiayaan bagi UMKM.

Baca juga:Gara-Gara Pemerintah Keok dari Brasil, Banyak Peternak Ayam Terancam Bangkrut

Bekerja sama dengan dinas terkait dari pemerintah setempat, hingga kini pelatihan telah dilaksanakan di beberapa daerah di Tanah Air. Mulai dari Kabupaten Aceh Barat, Pemalang, Pekalongan, Bantaeng, hingga Lombok Utara.

Felicia Yulie Mills, Business Development Specialist Ekosis, mengatakan, upaya ini dilakukan demi mewujudkan kesejahteraan pelaku agribisnis di Indonesia. Dalam hal ini, Ekosis siap membantu secara holistik, mulai dari segi pemasaran, logistik, konsultasi, manajemen kualitas produk, hingga permodalan.

Di sisi lain, Direktur Pengembangan Usaha Kecil, Menengah, dan Koperasi Kementerian PPN/ Bappernas Ahmad Dading Gunadi, berharap keperantaraan pasar dengan ekosistem pendukung dapat meningkatkan nilai ekonomi produk dan usaha melalui kepastian pasar, efisiensi logistik, hingga terbukanya akses pembiayaan.

Dengan adanya upaya pengembangan UMKM ini diharapkan dapat mencapai output yang maksimal. Antara lain, rasio kewirausahaan nasional mencapai 3,95%, rasio kredit UMKM terhadap total kredit perbankan 22%, kontribusi UMKM terhadap total ekspor nonmigas 30%, dan kontribusi UMKM terhadap PDB menyentuh angka 65%.

Baca juga:Video Rudal Kalibr Rusia Meluncur Diluar Kendali Saat Uji Coba

Meskipun belum mengikuti pelatihan ini, menurut Felicia, pelaku UMKM di Indonesia sudah dapat mengakses langsung layanan Ekosis dengan mengunduh aplikasinya di PlayStore.

"Jika ada kesulitan, pertanyaan, ataupun masukan, pengguna juga dapat menghubungi langsung layanan costumer service di aplikasi Ekosis, atau juga bisa melalui laman Instagra, dan facebook resmi Ekosis," kata Felicia, Kamis (29/4/2021).
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)