PLN Listriki 19 Desa di Jambi Senilai Rp130 Miliar

Jum'at, 30 April 2021 - 21:40 WIB
loading...
PLN Listriki 19 Desa di Jambi Senilai Rp130 Miliar
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PLN berhasil menghadirkan listrik bagi 19 desa yang tersebar di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Dengan nilai investasi sebesar Rp130 miliar, sebanyak 7.723 Kepala Keluarga (KK) dapat menikmati listrik dari PLN.

Adapun 19 desa yang berhasil dilistriki tersebut tersebar pada 3 (tiga) kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Desa Lumahan, Margo Rukun, Kempas Jaya dan Sungai Kayu Aro di Kecamatan Senyerang. Desa Mekar Jati, Pasar Senen, Sungai Jering, Sungai Pampang, Parit Sindang, Sungai Serindit, Sungai Raya di Kecamatan Pengabuan. Desa Teluk Pulai Raya, Kuala Kahar, Harapan Jaya, Mekar Alam, Tungkal IV, Kuala Baru, Muara Seberang dan Kelurahan Tungkal V di Kecamatan Seberang Kota.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB), Bambang Dwiyanto mengatakan bahwa keberhasilan PLN dalam mewujudkan impian masyarakat di 19 Desa ini adalah berkat dukungan berbagai pihak.

"Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Bapak Bupati Anwar Sadat yang telah sangat banyak membantu dengan turut melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk terus bahu membahu dan bergotong royong guna merampungkan percepatan pembangunan jaringan," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (30/4/2021).



Dia menambahkan bahwa dalam merampungkan pembangunan jaringan listrik menuju ke 19 Desa tersebut, PLN melibatkan sinergitas berbagai unit kerja PLN yang saling bahu membahu dan bekerja keras meski berada ditengah situasi pandemi.

Lurah Tungkal V, Effendi mengakui bersyukur karena Ramadan tahun ini bakal terasa berbeda dengan hadirnya Listrik 24 Jam. Sehingga kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan terutama pada malam hari akan lebih nyaman dan aman dengan adanya lampu penerangan.

“Biasanya dulu anak-anak kalau ingin pergi mengaji pasti membawa minyak tanah 1 botol. Nah, minyak itu digunakan untuk lampu penerangan ketika anak-anak mengaji. Tentunya ini suatu rahmat bagi kami dengan adanya PLN hidup hari ini, kedepan tidak lagi anak-anak membawa minyak tanah itu,” ungkap Lurah Tungkal V, Effendi.

Senada, Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat menyampaikan rasa terima kasih khususnya kepada PLN yang telah berjibaku dengan waktu serta berjuang tanpa kenal lelah sehingga kini membuahkan hasil.

"Kami ucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi daripada kerja keras pihak PLN selaku pelaksana dalam mengemban amanah untuk melistriki pelosok negeri, sehingga listrik yang selama ini diimpikan masyarakat di 19 Desa ini sejak dari zaman Belanda kini dapat dinikmati oleh warga," tutur Anwar.



Dengan hadirnya listrik pada 19 Desa ini, rasio elektrifikasi di Provinsi Jambi meningkat sebesar 2,82% dari 96,73% menjadi 99,55%. Khusus di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, peningkatan rasio elektrifikasi mencapai 16,42% dari 83,58% menjadi 100%.

Untuk melistriki 19 Desa, PLN telah membangunan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 195,49 kilo meter sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 213,39 kms dan 124 unit Gardu Distribusi dengan total nilai investasi mencapai 115 Milyar Rupiah. Selain itu, PLN juga membangun 2 (dua) menara Transmisi bertegangan 20 kilo Volt (kV) yang menyeberangi Sungai Pengabuan dengan Nilai Investasi 15 Milyar Rupiah. Adapun potensi pelanggan di 19 Desa ini adalah sebesar 7.723 pelanggan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)