Stres ASI Tak Keluar, Mytha Lestari Sempat Depresi

Minggu, 02 Mei 2021 - 09:08 WIB
loading...
Stres ASI Tak Keluar, Mytha Lestari Sempat Depresi
Mytha Lestari. Foto/Instagram Mytha Lestari
A A A
JAKARTA - Bisa memberikan ASI dengan lancar kepada buah hati merupakan dambaan setiap ibu di dunia. Termasuk penyanyi Mytha Lestari yang sempat terkendala saat pertama kali menyusui buah hatinya, Mahatma Kala Maheswara.

Mytha mengatakan, setelah melahirkan, dia tidak dapat memberikan ASI kepada putranya selama tiga hari. Hal itu dikarenakan pelantun lagu ‘Aku Cuma Punya Hati’ ini menderita postpartum depression (PPD) atau depresi paska persalinan.



“Jujur karena aku PPD, tiga hari pertama (setelah melahirkan) itu, ASI aku nggak keluar,” kata Mytha dalam acara ‘FESTIVAL 100% ASIMOR’ secara daring, belum lama ini.

Meski sudah dibantu oleh beberapa dokter, hasilnya tetap nihil. Mytha mengatakan, ternyata hal itu disebabkan oleh kondisi mentalnya. “Ternyata, guenya yang stres, jadinya nggak keluar,” ujarnya.

Kondisi ini kemudian diperburuk dengan komentar rekan atau kolega yang berkunjung ke rumah sakit tempatnya bersalin.

“Ada kolega datang, terus anak saya nangis. (Dia bilang), aduh kasihan belum minum susu ya? Ibunya belum keluar ya susunya? Makanya gue kena PPD. Gue sampai jedot-jedotin kepala ke tembok saking stres,” cerita Mytha.

Namun untungnya, setelah ditenangkan dan ditangani privat oleh dokter laktasi, Mytha akhirnya bisa menyusui anak pertamanya itu dengan tenang. “Akhirnya keluar, alhamdulillah,” ujar dia.



Seperti diketahui, Mytha melahirkan anak pertamanya pada 2 Agustus 2018. Kini, buah hati Mytha yang dipanggil Kala itu sudah berusia hampir 3 tahun.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)