Jangkau Layanan Sosial untuk Warga Miskin, Kemensos Berdayakan TKSK

Senin, 03 Mei 2021 - 05:30 WIB
loading...
Jangkau Layanan Sosial untuk Warga Miskin, Kemensos Berdayakan TKSK
Kemensos terus memperluas jangkauan layanan sosial melalui dukungan TKSK guna menjangkau layanan kepada masyarakat lapis terbawah di desa dan kelurahan. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) terus memperluas jangkauan layanan sosial melalui dukungan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Hal ini guna menjangkau layanan kepada masyarakat lapis terbawah di desa dan kelurahan.



Menurut nya tugas ini tidaklah mudah, karena ketepatan sasaran bantuan salah satunya berawal dari sejauh mana data yang diverifikasi TKSK benar-benar valid. Selain program prioritas Kemensos, TKSK juga bertugas mengawal pelayanan bantuan khusus untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19 sesuai data yang diterima.

Di lain pihak, situasi pandemi juga membuat pergerakan TKSK tidak sepenuhnya leluasa, termasuk saat bertemu langsung dengan penerima manfaat. Diakuinya, banyak faktor yang berperan dalam proses pemadanan data, mulai dari masalah teknologi sampai dengan administrasi kependudukan.

"Jeda waktu data yang sudah diedit dengan pembaruan di server SIKS-NG, bisa berbeda. Meskipun begitu, saat ini pembaruan SIKS-NG sudah lebih baik daripada sebelumnya," ujar Martini yang sudah bertugas sejak 2011.

Selain pendataan warga miskin, TKSK juga mengikuti bimbingan teknis, hingga melakukan pendampingan berbagai program Kemensos seperti asistensi 26 jenis Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)