Kantongi Pendanaan Baru Rp405 Miliar, Amartha Akan Lakukan Ini

Selasa, 04 Mei 2021 - 23:50 WIB
loading...
Kantongi Pendanaan Baru Rp405 Miliar, Amartha Akan Lakukan Ini
PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) mendapatkan pendanaan baru senilai USD28 Juta atau setara dengan Rp405 Miliar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Amartha Mikro Fintek ( Amartha ) mendapatkan pendanaan baru senilai USD28 Juta atau setara dengan Rp405 Miliar yang dipimpin oleh Women’s World Banking Capital Partners II (WWB) bersama dengan MDI Ventures, dan didukung oleh investor lama seperti: Mandiri Capital Indonesia, UOB Venture Management.



Dengan sistem penilaian yang dikembangkan secara khusus oleh internal Amartha untuk menilai kelayakan kredit dari segmen masyarakat yang tidak terlayani oleh perbankan. Amartha memastikan setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan permodalan usaha, bahkan tanpa riwayat kredit atau jejak transaksi digital sebelumnya.

Amartha membuka peluang baru bagi populasi perempuan yang tidak terlayani sebelumnya untuk dapat memberikan tambahan penghasilan keluarga dari rumah dan di saat mereka harus mengurus anak.

Founder & CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra mengatakan, Amartha merupakan pionir teknologi finansial peer to peer lending (p2p lending) di Indonesia yang memberdayakan perempuan pengusaha ultra mikro di daerah pedesaan dengan memberikan pinjaman modal usaha berbasis kelompok, mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 10 juta yang disertai dengan pendidikan literasi keuangan dan pelatihan kewirausahaan.

“Terima kasih kepada seluruh Investor, Pendana, Mitra dan Tim Amartha atas dukungan dan kepercayaannya. Apa yang kita lakukan bersama memberikan dampak pada kesejahteraan perempuan di desa dan perekonomian bangsa. Pendanaan baru ini akan memperkuat bisnis Amartha yang berbasis group lending (grameen model), mempercepat inovasi produk, dan meluncurkan layanan tambahan bagi peminjam dan pendana, seperti: digitalisasi desa, belanja borongan, pinjaman warung, crowdfunding, produk pendanaan baru, serta penyaluran pendanaan ke peminjam secara langsung," ujar Andi di Jakarta, Senin (3/5/2021).

Amartha telah mengembangkan solusi teknologi keuangan untuk 3 segmen pengguna yang berbeda. Salah satunya, Amartha untuk Pendana, memberikan layanan penyaluran pendanaan melalui platform p2p lending. Lalu, Amartha untuk Business Partner, sebutan untuk Tim Amartha di lapangan yang berinteraksi langsung dengan para Peminjam, memberikan layanan untuk memproses pinjaman modal usaha secara menyeluruh dari pengajuan, pengambilan data, penyaluran hingga pengembalian dana.

"Amartha untuk Mitra (Peminjam), memberikan layanan keuangan lebih dari sekedar penyaluran permodalan," bebernya.



Chief of Commercial Officer Amartha, Hadi Wenas menambahkan, pandemi Covid-19 di 2020 memberikan tantangan bagi semua orang, termasuk. Dengan ketekunan, kolaborasi, dan visi bersama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)