PKS Tagih Janji Mensos Risma Berikan Bansos ke Suku Anak Dalam

Rabu, 05 Mei 2021 - 13:46 WIB
loading...
PKS Tagih Janji Mensos Risma Berikan Bansos ke Suku Anak Dalam
Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf mengaku akan membantu advokasi aspirasi Suku Anak Dalam di Jambi saat rapat kerja dengan Mensos, Tri Rismaharini di Parlemen nantinya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf mengaku akan membantu advokasi aspirasi Suku Anak Dalam di Jambi saat rapat kerja dengan Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini atau Risma di Parlemen nantinya. Diketahui sebelumnya, Suku Anak Dalam di Jambi menagih janji Mensos Risma untuk memberikan bantuan sosial (bansos).

Hal ini diungkapkan oleh Ngelembo, salah satu kepala suku atau Tumenggung SAD yang turut hadir saat menerima kunjungan Mensos beserta jajarannya di wilayahnya pada pekan kedua Maret 2021. Menurut Ngelembo, Risma berjanji untuk memberikan bantuan sosial paling tidak sebulan setelah kunjungannya tersebut.

Kendati telah lewat dari batas waktu yang dijanjikan, bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) tidak kunjung datang. “Kami akan tagih janji tersebut dalam waktu dekat. Jika ia lupa, akan kami ingatkan. Jika ia abai, akan kami beri teguran,” ujar Bukhori dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/5/2021).

Ketua DPP PKS ini berpendapat tidak sepatutnya Suku Anak Dalam dikapitalisasi menjadi objek pencitraan Mensos. Sebab, kata dia, Suku Anak Dalam adalah kelompok masyarakat yang memegang teguh nilai moralitas.

Salah satunya, prasangka baik terhadap seseorang. Sehingga, mudah bagi mereka untuk menaruh kepercayaan terhadap orang lain. Maka itu, Bukhori memperingatkan Risma untuk tidak sebatas umbar janji tetapi nihil pembuktian terhadap Suku Anak Dalam itu.

“Jangan patahkan hati mereka dengan mengingkari janji yang telah diucap. Nasib mereka kini terkatung-katung akibat menanti kepastian. Dan itu yang lebih menyakitkan ketimbang tidak menerima bansos sama sekali,” tandas Bukhori.

Sekadar diketahui, kabar mengenai penantian Suku Anak Dalam akan pemenuhan janji Mensos juga sudah disampaikan rekan wartawan setempat kepada Kehumasan Kemensos. Termasuk, menawarkan kontak Tumenggung Ngelembo apabila Kemensos hendak memberikan konfirmasi. Namun, hingga per 30 April 2021 belum ada respons memadai.

Bukhori mendesak Kemensos untuk segera mengalokasikan bansos untuk membantu Suku Anak Dalam tersebut. Dia juga meminta Mensos Risma segera mengutus perwakilannya untuk mendistribusikan bantuan sebagaimana yang telah dijanjikan.

“Mensos harus segera beri mereka kepastian. Segera distribusikan bantuan yang dijanjikan secara tepat sasaran dengan cara-cara yang bermartabat,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)