Antisipasi Pemudik Lolos Penyekatan, Ridwan Kamil: Jabar Siapkan 2.500 Ruang Isolasi

Kamis, 06 Mei 2021 - 00:05 WIB
loading...
Antisipasi Pemudik Lolos Penyekatan, Ridwan Kamil: Jabar Siapkan 2.500 Ruang Isolasi
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam Talk Show Virtual BNPB bertajuk Kesiapan Pemda Menghadapi Larangan Mudik dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (5/5/2021). Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebutkan, Jabar telah menyiapkan 2.500 ruang isolasi di desa-desa untuk mengantisipasi pemudik yang lolos penyekatan petugas dan berhasil sampai di kampung halaman .

Para pemudik nekat itu wajib menjalani karantina di ruang isolasi yang disiarkan selama lima hari sebelum bertemu dengan keluarganya.



“Maka di perkampungan kita sudah siapkan 2.500-an ruang isolasi. Kita sudah intruksikan kepada perangkat desa bagi yang ngotot, agar setiba di kampung halaman untuk dikarantina," ujar Ridwan Kamil Talk Show Virtual BNPB bertajuk "Kesiapan Pemda Menghadapi Larangan Mudik" dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (5/5/2021).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu berujar, data pemudik yang menjalani karantina tersebut akan di-update di aplikasi Pikobar, sehingga bakal diketahui jumlah masyarakat yang nekat mudik.

“Ini sangat efektif, tapi hasil akhirnya kita akan hitung berapa kenaikan BOR (bed occupancy rate) rumah sakit karena provinsi Jabar sudah satu bulan berkinerja sebagai satgas terbaik se-Indonesia," tuturnya.



Dalam kesempatan itu, Kang Emil menegaskan bahwa Pemda Provinsi Jabar mendukung kebijakan larangan mudik lokal di wilayah aglomerasi yang sudah dikeluarkan pemerintah pusat melalui Satgas Penanganan COVID-19.

Diketahui, wilayah aglomerasi di Jabar meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Kota Cimahi. Selain itu, aglomerasi juga berlaku di Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, serta Kota Depok.

"Narasinya sama dengan pemerintah pusat, mudik lokal itu tidak diperkenankan. Aglomerasi yang dibolehkan bergerak hanya untuk para pekerja saja," tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)