Ridwan Kamil Ingatkan Pemudik Nekat, Gak Usah Menyiasati Nanti Cape Sendiri

Jum'at, 07 Mei 2021 - 20:28 WIB
loading...
Ridwan Kamil Ingatkan Pemudik Nekat, Gak Usah Menyiasati Nanti Cape Sendiri
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil kembali mengingatkan masyarakat tidak nekat mudik jelang Lebaran 2021. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kembali mengingatkan masyarakat yang masih ngotot mudik di tengah pemberlakuan larangan mudik Lebaran 2021 .

Baca juga: Keren Abis, Ini Penampakan Desain Masjid Akbar Seribu Bulan Rancangan Ridwan Kamil

Peringatan tersebut disampaikan Ridwan Kamil menyusul masih banyaknya masyarakat yang ngotot mudik lewat berbagai, seperti mengelabui petugas agar lolos di pos-pos penyekatan.

Baca juga: Saksikan Penyerahan Donasi COVID-19, Ridwan Kamil: Rasa Empati Sangat Penting Saat Ini

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menegaskan, masyarakat tak perlu bersiasat untuk bisa pulang ke kampung halaman. Pasalnya, hal itu hanya akan merepotkan diri sendiri dan keluarga.

"Nggak usah menyiasati, nanti cape sendiri. Semua potensi yang ke arah zona mudik itu ditutup. Contohnya, paling rame Priangan ke arah Tasik, Garut sudah dilakukan penyekatan yang luar biasa," tegas Kang Emil dalam konferensi pers virtual seusai Rapat Koordinasi Satgas Penanganan COVID-19 Jabar di Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Jumat (7/5/2021).

Terbukti, lanjut Kang Emil, selama dua hari pemberlakuan larangan mudik Lebaran 2021 sejak Kamis (6/5/2021) kemarin sebanyak 22.000 kendaraan telah dipaksa putar balik ke daerah asal di pos-pos penyekatan yang tersebar di Jabar.

"Per hari, Polda jawa Barat memutarbalikan 11.000 kendaraan. Selama dua hari terakhir, sudah 22.000 kendaraan yang diputarbalikan karena ketahuan curi-curi mudik dari total 64.000 kendaran yang dirazia atau diperiksa," sebutnya.

Lebih lanjut Kang Emil mengatakan, berdasarkan laporan dari Kapolda Jabar, Irjen Ahmad Dofiri provinsi yang dipimpinnya menjadi provinsi yang paling banyak memiliki pos penyakatan yang jumlah totalnya mencapai 158 pos baik di tol, jalur nasional, maupun arteri.

"Tadi Pak Kapolda sudah melaporkan, dari 300-an pos penyekatan se-Indonesia. Setengahnya itu ada di Jawa Barat. Terdiri dari 20-an pos penyekatan di jalan tol, nasional, sisanya 130an di jalan lokal arteri melibatkan polsek terkait," paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)